Silaturrahmi Dengan Pemkab Wakatobi, Hugua Tampung Sejumlah Aspirasi

998
Ketgam: Bupati Wakatobi saat memaparkan kondisi Wakatobi dihadapan anggota DPR RI, Ir Hugua. FOTO Duriani

WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra), Ir Hugua, mengadakan silaturrahmi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi.

Hugua, hadir di Wakatobi didampingi isteri disambut Bupati Wakatobi, H Arhawi SE.MM. serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Bertempat di Patuno Beach Resort, Jumat (20/12/2019).

Dalam silaturrahmi penuh kekeluargaan tersebut, Bupati Wakatobi berharap agar semua senator Senayan dapil Sultra bisa memperjuangkan pembangunan di Wakatobi. Terkhusus, pelaksanaan sejumlah regulasi dalam undang-undang Nomor 23 Tahun 2016 tentang Otonomi Daerah.

“Dengan pelaksanaan UU 23 Tahun 2016, banyak kewenangan kabupaten dilimpahkan ke Provinsi. Seperti pengawasan laut, pertambangan, sekolah setingkat SMA dan lainnya. Kita berharap agar perwakilan kita di Senayan bisa memperjuangkannya,” harap H Arhawi.

Menurut Bupati Wakatobi, pengawasan laut yang dialihkan ke Provinsi sangat bertentangan dengan visi misi Wakatobi yang mendorong Wakatobi sebagai kabupaten maritim sejahtera dan berdaya saing. Sehingga undang-undang dimaksud butuh peran senator Senayan untuk dikaji ulang.

“Apalagi Wakatobi yang mendorong sektor pariwisata. Terumbu karang harus dijaga, nelayan yang menggunakan alat tidak ramah lingkungan harus diawasi. Tentu laut harus senantiasa dijaga karena sejak dialihkan ke Provinsi, pengawasan laut sangat lemah,” tegas Arhawi.

Hugua, yang pernah menjabat Bupati Wakatobi dua periode sangat paham kondisi Wakatobi. Menanggapi sejumlah substansi persoalan yang diungkap Bupati Wakatobi, Hugua, sangat mendukung khususnya penerapan undang-undang 23 Tahun 2016.

“Memang UU 23 Tahun 2016 ini sangat rentan khususnya pengawasan laut dimana Wakatobi hanya memiliki luas wilayah 3 persen daratan dan sisanya adalah laut. Hal ini akan saya sampaikan ke Komisi II termasuk komisi lain yang berkaitan dengan persoalan di daerah,” kata Hugua.

Amatan media ini, silaturrahmi senator Senayan dengan Pemkab Wakatobi berlangsung sejak pukul 21.00 hingga 23.36 Wita. Silaturrahmi diwarnai dengan diskusi antara Ir Hugua dengan sejumlah kepala OPD terkait program di dinas masing-masing. (*)