BUPATI BUTON SERUKAN OPD SERIUS TANGANI STUNTING

405
Abdul Gafur MSi MDm sedang membawakan materi pencegahan stunting.
FOTO:ILWAN/TRIBUN BUTON

BAUBAU, TRIBUNBUTON (Ilwan)

Pemerintah Kabupaten Buton melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk gecarkan pencegahan stunting (kerdil) yang kini menjadi isu nasional. Pemerintah baik pusat maupun daerah serius memerangi pertumbuhan kerdil yang di sebabpkan kurang gizi, Senin 9 Desemeber 2019.

Bupati Buton Drs La Bakri MSi, menjelaskan mengenai OPD lingkup Pemkab Buton untuk serius bahu-membahu dalam menangani pencegahan stunting di Kabupaten Buton dengan kunjungan daerah terpadu pelaksanaan penurunan stunting di tingkat Kabupaten Buton.

Sejumlah OPD lingkup Pemkab Buton mengikuti materi stunting. FOTO :Ilwan/TRIBUN BUTON

“Stunting adalah isu nasional, untuk itu semua OPD yang terkait masalah stunting harus saling berkordinasi dalam melakukan kegiatan pencegahan stunting. Dinkes sebagai OPD teknis dan OPD lainya harus saling bekerjasama dan berkordinasi satu sama lain.

“Sehubungan kunjungan daerah terpadu pelaksana koveregensi program dan kegiatan pencepatan penurunan stunting di tingkat Kabupaten Buton,” kata Bupati Buton Saat membuka rapat kordinasi.

“Pencegahan stunting dilakukan secara kontinyu sebab hasilnya tidak langsung kelihatan, dampak dari stunting sangat besar karena menyangkut pembangunan dan adanya keterlibatan dari sejumlah OPD pencegahan tumbuh kerdil semakin turun secara signifikan”, jelasnya.

Stunting atau kerdil pada anak akibat kekurang gizi kronis masih menjadi pekerjaan rumah besar bagi kita, harapan saya bahwa agar semua bekerja keras untuk menuntaskan apa yang telah menjadi target bersama khusunya OPD yakni Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi Informatika dan persandian, Bappeda, BKKBD, Diknas, Dinsos, PU, Ketahanan Pangan, Pemberdaya Masyarakat Desa.(#)