SUKSESKAN PILKADA 2020, DUKCAPIL BUTUR CANANGKAN SADAR ADIMINISTASI KEPENDUDUKAN

50
SUKSESKAN PILKADA 2020, DUKCAPIL BUTUR CANANGKAN SADAR ADIMINISTASI KEPENDUDUKAN. FOTO: MAWAN/TRIBUN BUTON

BURANGA, TRIBUNBUTON

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Buton Utara (Butur) canangkan Gerakan Indonesia Sadar Adiministasi Kependudukan (#GISA) menuju sukses Pilkada Buton Utara 2020 mendatang.

Kepala Dinas Dukcapil Butur, H. Asri mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini agar masyarakat diharapkan semakin sadar akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan yang pasti seperti, KK, Akta kelahiran, KTP-El, Akta perkawinan bagi penduduk agama non-muslim, akta kematian, surat keterangan pindah warga negara Indonesia (SKP-WNI) dan kartu identitas anak yang akan dicanangkan tahun 2020.

“#GISA adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan,” kata Asri dalam sambutanya pada acara pencanangan #GISA di Lapangan Raja Jin Kulisusu, Sabtu, 30 November 2019.

Mantan Kepala SMAN 1 Kulisusu ini menuturkan, masyarakat dapat memastikan diri sudah tertib atau belum tentang administrasi kependudukan yang telah tercatat sebagai penduduk Buton Utara, dan jika sudah mencapai umur 17 tahun keatas pasti akan terdaftar dalam DP4 daftar penduduk potensial pemilih Pemilu yang sebentar lagi akan dilaksanakan pada 23 September 2020 mendatang.

“Agar masyarakat semakin mengerti bahwa walaupun sudah meninggal dunia maka ahli warisnya yang bersangkutan harus melaporkannya ke Dinas Dukcapil agar diterbitkan akta kematian,” ujarnya.

Dia menambahkan, Dinas Dukcapil Butur menerapkan program pelayanan terintegrasi dengan urus satu dapat 3 dokumen ( 3 in 1). “Contoh mengurus akta kematian, dapat KK baru, akta kematian dan KTP baru status cerai mati oleh istri atau suami,” tandasnya.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri Bupati Butur, Abu Hasan, Sekda Butur, Muhammad Yasin, Ketua DPRD Butur, Diwan, sejumlah anggota DPRD Butur, pimpinan OPD, camat se-Kabupaten Butur, lurah, kepala desa, masyarakat dan undangan lainnya. (Asman)

Komentar Anda