MAHASISWA PKL UHO BERKUNJUNG KE MAKAM SULTAN MARDAN ALI

1013
FOTO BERSAMA MAHASISWA PKL DI DEPAN MAKAM SULTAN BUTON KE VIII. FOTO:TRIBUN BUTON

BAUBAU, TRIBUNBUTON (Ilwan)

Puluhan Mahasiswa PKL Ilmu sejarah berkunjung ke makam Sultan Buton ke VIII, Sultan Mardan Ali di Pulau Makasar (Puma), Minggu 24 November 2019.

Ketua adat Puma, Armudin SPi, menjelaskan, pada massa pemerintahan Kesultanan Buton yang ke VIII Sultan Mardan Ali, merupakan awal bekerja sama dengan Belanda. “Untuk Kesultanan Buton, Mardan Ali rela mempertahankan peraturan yang di terapkan di tatanan Kesultanan Buton,” katanya.

“Dengan itu ia rela dihukum mati,” ujarnya.

Ketua panitia PKL Halimuna menambahkan, dalam sejarah Kesultanan Buton yang ke VIII, dia adalah sultan yang bijak terhadap wilayanya. Sehingga ia rela berkorban karena tidak menginginkan bekerja sama dengan Belanda.

Kepada TRIBUN BUTON (tribunbuton.com) Ketua Panitia berharap, kegitan PKL dapat melahirkan tulisan penelitian pada bidang ilmu sejarah baik permasaalahan sosial, ekonomi, budaya dan politik.

Kegitan berjalan dengan baik. Dia berharap para mahasiswa bisa menjaga rasa persaudaraan lingkup mahasiswa ilmu sejarah yang tidak lama lagi akan sibuk dengan proses judul proposal.(#)