KETUA KPU SULTRA BUKA PELUNCURAN TAHAPAN PILBUP WAKATOBI

874
Ketua KPU Sultra, La Ode Muhamad Natsir, saat membuka peluncuran tahapan Pilbup Wakatobi. FOTO Duriani

WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) La Ode Muhamad Natsir, mengatakan KPU sebagai leading sektor penyelenggara pemilu tidak akan maksimal bekerja tanpa suport semua elemen.

Karena tugas yang begitu besar bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga peran serta seluruh masyarakat dalam tahapan pemilu sangat diharapkan.

“Tugas ini kolosal karena harus menggerakkan masyarakat. Ketika kita menentukan hari pencoblosan, kita harapkan masyarakat bisa menyebar luaskan informasinya,” harap Ketua KPU Sultra.

Pilkada 2020 lanjut La Ode Muhamad Natsir, merupakan amanat undang-undang. Bahwa bagi daerah yang melaksanakan Pilkada tahun 2015, maka akan melaksanakan Pilkada lagi di 2020.

Bupati Wakatobi pose bersama Ketua KPU Sultra, Ketua Bawaslu Sultra, Ketua KPU Wakatobi, Ketua Bawaslu Wakatobi disela-sela peluncuran tahapan Pilbup Wakatobi 2020. FOTO Duriani

“Pilkada serentak tahun 2020 ini, di Sultra ada tujuh daerah dan ini adalah pilkada serentak terakhir,” ucap La Ode Muhamad Natsir.

Dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut, Ketua KPU Sultra menyebut jika dukungan pemerintah khususnya kabupaten/kota yang akan menggelar hajatan itu sangat diharapkan.

“Kita juga harapkan dukungan pemerintah atas meningkatnya partisipasi pemilih. Tanggung jawab itu ada dalam ketentuan bahwa pemerintah meningkatkan partisipasi pemilih,” Ketua KPU Sultra, menjelaskan

Dalam pelaksanaan pemilu terakhir di Wakatobi, La Ode Muhamad Natsir, mengungkapkan jika pelaksanaan pemilu di daerah dengan visi daerah maritim yang sejahtera dan berdaya saing memiliki catatan positif. Semua itu juga berkat dukungan seluruh elemen termasuk Pemkab Wakatobi.

“Kita baru saja menggelar pemilu 2019. KPU Wakatobi dalam catatan kami bahwa atas dukungan dan kerjasama semua pihak termasuk Bawaslu dan jajarannya, ada hal baik yang perlu diteruskan,” saran Ketua KPU Sultra.

Untuk itu La Ode Muhamad Natsir, mengingatkan KPU Wakatobi dan seluruh pihak untuk menghindari aktivitas yang sifatnya bertentangan dengan ketentuan penyelenggaraan pemilu selama tahapan berjalan.

“Hindari pelanggaran sehingga tidak terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU). Pastikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) semua yang memenuhi syarat. Tempatkan petugas pemutakhiran data dan PPS pada porsinya serta dorong sehingga bisa memahami tugasnya,” tegas Ketua KPU Sultra.

Untuk tingkatan partisipasi pemilih, La Ode Muhamad Natsir, menilai jika di Wakatobi lumayan bagus. Namun perlu ditingkatkan agar bisa mendekati target secara nasional.

“Kami melihat partisipasi di Wakatobi cukup membanggakan. Tapi harapan kita bersama agar ditingkatkan pada peilkada kedepan. Pemkab Wakatobi dan KPU Wakatobi harus berupaya meningkatkan angka partisipasi pemilih. Sehingga target partisipasi nasional 77 persen lebih bisa mendekati,” pintanya. (*)