MAHASISWA ILMU SEJARAH UHO PKL DI BENTENG KERATON BUTON

1133
Mahasiswa Ilmu Sejarah UHO PKL di Benteng Keraton Buton. FOTO:IST/TRIBUN BUTON

BAUBAU, TRIBUNBUTON (Ilwan)

MAHASISWA Jurusan Ilmu Sejarah, Universitas Halu Oleo (UHO), menggelar Praktek Kuliah Lapangan (PKL) di Benteng Keraton Kesultanan Buton. PKL diagendakan selama dua hari yakni Jumat dan Sabtu (22-23 November 2019.

Panitia ditemui saat mengantar surat ke beberapa instansi di Kota Baubau Halimuna, menjelaskan PKL di wilayah benteng yakni untuk study berupa penelusuran jejal Kesultanan Buton di masa lampau.

“Ini adalah kegiatan yang menjadi prioritas utama menjelang proses akhir studi pada proses perkuliahan menghadap jenjang semester akhir,” jelasnya.

Dia menjelaskan ketertarikan untuk melaksanakan PKL di Benteng Keraton Buton karena rasa ingin tahu lebih dekat setelah mendapatkan informasi dari publikasi baik melalui karya ilmiah, jurnal ilmiah, jurnal blnasional yang membahas jejak Benteng dan peradaban Kesultanan Buton, Kamis 22 November 2019 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau.

Dia berharap kegiatan PKL dapat membentuk mahasiswa Fakultas Sejarah UHO dan akan mengenal lebih jauh lagi tentang Benteng Keraton Buton hingga hadirnya Kesultanan Buton. Kiranya juga dapat mengenal Kesultanan Buton baik dalam segi politik, sosial, maupun budaya dengan prespektif bidang keilmuan masing-masing.

Beberapa situs yang akan dikunjungi mahasiswa PKL Ilmu Sejarah Fakultas Sejarah yakni makam Sultan Murhum Khalifatul Khamis, Makam Sultan La Elangi, Makam Oputa Yi Koo, Mokobadiana, Kenepu Bula dan Said Alkubra.(#)

Editor: Yuhandri Hardiman