WAKIL WALI KOTA BAUBAU SAMBUT KEDATANGAN 17 PENGUNGSI WAMENA

604
Ahmad Monianse saat menyambut Pengungsi Wamena. Foto/Mira Tribun Buton

BAUBAU, TRIBUN BUTON

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menyambut 17 orang pengungsi Wamena asal Muna Dan Baubau (Palabusa dan Lippu), di rumah jabatanya pukul 02:00, Sabtu 5 Oktober 2019. Pengungsi eksodus Wamena diperkirakan akan kembali didatangkan menggunakan KM Dobon Solo, sebanyak 500 orang pada 9 Oktober mendatang.

Menyambut kedatangan 17 pengungsi Wamena ini, Ahamad Monianse berharap agar keadaan Wamena dapat segera membaik dan masyarakat kembali beraktivitas dengan aman. Mewakili Pemkot Baubau,Ahmad Monianse akui akan mempersiapkan yang dibutuhkan oleh pengungsi.

Pengungsi Wamena Tiba di Pelabuhan Murhum Baubau, Menggunakan KM Ceremai. Foto/Mira Tribun Buton

“Meskipun pengungsi hari telah dipulangkan ke keluarga masing, tapi kami pemerintah tetap harus memantau karena ini tanggung jawab kami,”jelas Monianse.

Sementara itu, pengungsi Adrus asal Palabusa, Kota Baubau ini, sedikit bercerita keadaan Wamena saat ini. Kata dia, keadaan Wamena suda mulai membaik hanya saja banyak anak-anak yang terserang penyakit seperti DBD dan lainya dan juga anak-anak yang masih sekolah harus menganggur karena keadaan masih rawan kacau.

“Jadi terima kasih atas sambutan bapak Wakil Wali Kota malam ini, yang telah menerima kami dengan baik,”katanya.

Adrus juga berharap kepada Pemkot Baubau agar segera mengambil tindakan untuk membantu anak-anak yang putus sekolah karena kekacauan di Wamena dapat bersekolah kembali di Kota Baubau. Adrus juga mengatakan, pengungsi eksodus Wamena dengan jumlah ratusan tengah bersiap-siap akan diberangkatkan dan akan tiba di Kota Baubau pada 9 Oktober ini.

“Sebagiannya suda ada di Papua, dan sebagianya tengah bersiap untuk diberangkakan,”katanya.

Pantauan Tribun Buton, setibahnya di pelabuhan Murhum Baubau, pengungsi langsung diperiksa tim medis Baubau, untuk memastikan kesehatan masing-masing pengungsi. (*)