DANA KELURAHAN BAADIA TERANCAM HANGUS

698
Hadianton SSos

– Fasilitator BAPPEDA Tidak Maksimal Dampingi Kelurahan

BAUBAU, TRIBUNBUTON (Alyakin)

Dana Kelurahan Baadia, Kecamatan Murhum, Kota Baubau terancam hangus. Hal ini dikarenakan judul didalam Daftar Pagu Anggaran (DPA) dengan pembangunan infrastruktur berbeda.

“Kalau umpanya sampai desember ini, kalau judulnya bisa berubah dari pembuatan jalan stapak kerehap jalan stapak, ya kita akan laksanakan, kalau tidak kita kembalikan,” ungkap Hadianton S Sos, dikonfirmasi Tribunbuton (tribunbuton.com) di ruang kerjanya, Senin 16 September 2019.

Kata dia, Pembangunan Infrastruktur jalan setapak dibangun di dua lingkungan. Yakni Lingkungan Quba dan Sambali dengan total anggaran kurang lebih Rp 200 juta dari anggaran Rp 370 juta.

Pembangunan infrastruktur Jalan stapak di Kelurahan Baadia mestinya telah dilaksanakan. Tetapi Lurah Baadia tidak mau mengambil resiko pada proses pembangunan infrastruktur di wilayahnya.

“Jadi sampai hari ini kita masih menunggu perubahannya itu, tidak berani kita rubah rubah, jelas perhitungannya berbeda, satu Pembukaan jalan baru,” jelas Hadianto.

Selain itu, pihaknya mengakui ada kendala dalam pengelolaan anggaran dana kelurahan sebab dana kelurahan baru diadakan di tahun 2019 serta tidak maksimalnya fasilitator dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Baubau.

“kendala, terutama dikasih gelondongan untuk jalan stapak, tapi kegiatan pelaksanaan itu harus ada RAB, harus ada gambar, Sedangkan di Kelurahan tidak tersedia SDMnya untuk merancang itu, kan kita mau kerja harus ada dasarnya, kita juga mau bikin KSM dimasyarakat, kita juga kendala di itu” jelasnya.

Ia menambahkan, dana kelurahan tahap pertama dicairkan Badan Pengelola Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAPD) Kota Baubau sejak Juni 2019 dan Dana Kelurahan juga diperuntukkan pada Pemberdayaan masyarakat diantaranya pelatihan menjahit dan Pelatihan perbengkelan.

“Tahap pertama, Anggaran 370 Juta itu yang kita bisa carikan hanya honor posyandu, pada tahap II Rehap. Sampai hari ini belum ada kegiatan itu karena masih menunggu perubahannya itu, di keuangan,” tutupnya.(#)

Komentar Anda