SATU RUMAH DI KANAKEA NYARIS LUDES DI AMUK SIJAGO MERAH

574
Nampak warga bergotong royong meadamkan api saat itu (foto. Ist)

BAUBAU, TRIBUNBUTON (M.S.A)

Satu unit rumah di Kelurahan Kanakea nyaris habis dilalap sijago merah. Rumah berbahan kayu milik Sanudin (45) membuat api cepat membesar dan nyaris ikut membakar runah yang berada di sebelahnya.

Salah satu warga yang tidak ingin disebutkan namanya menyampaikan, rumah tersebut sudah lama tidak ditinggali dan kini berubah fungsi menjadi tempat penyimpanan barang tidak terpakai (gudang).

“Ini rumah adik saya, sekarang dia tinggal dirumah mertuanya. Kalau tidak salah itu sudah lima tahun tidak ada orangnya”, ringkasnya.

Kepala dinas kebakaran Kota Baubau, Tamsir Tamim menyampaikan, pihaknya belum mengetahui pasti apa penyebab terbakarnya rumah tersebut. Pihaknya sendiri langsung turun usai menerima laporan warga saat itu.

“Tadi itu sekitar pukul 16.40 Wita kami terima laporan. Untuk pemadaman kami turunkan tiga unti pemadam”, tuturnya saat ditemui usai pemadaman saat itu

Dia menambahkan, selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dirinya mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati baik saat sedang memasak maupun keluar rumah.

“Musim kemaru ini rawan dengan bencana, maka kami menghimbau agar masyarakt lebih waspada dan berhati-hati”, tutupnya

Data yang dihimpun Tribun Buton (tribunbuton.com) dilapangan, Dalam kurun waktu satu hari. Damkar Kota Baubau juga menangani kasus kebakaran hutan yang terjadi di lahan milik warga yang berada di Kelurahan Sulaa (Jalan poros Baubau – Buton Selatan) Kecamatan Betoambari Kota Baubau Senin 09 September 2019.