BI DAN BANK SULTRA EKSPANSI PROGRAM DI WAKATOBI

289
Bupati Wakatobi, Kepala Perwakilan BI Sultra dan Dirut Bank Sultra pose bersama kelompok petani rumput laut yang mendapat bantuan. FOTO Duriani/Tribunbuton.com

WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Bupati Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra), H Arhawi SE.MM, menghadiri kegiatan Bank Indonesia (BI) yakni Launching BI Jangkau & Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia Pengembangan Komoditas Rumput Laut di Aula Persanggerahan Budaya Wangi-Wangi. Senin (9/9/2019).

Program BI Jangkau merupakan program inisiatif BI untuk meningkatkan perluasan jangkauan distribusi uang dan layanan Kas BI. Hingga menjangkau area desa yang selama ini sulit mendapatkan fisik uang dengan kualitas baik, termasuk di Kabupaten Wakatobi.

Arhawi, mengungkapkan rasa terimakasih kepada BI dan Bank Sultra yang telah menjadikan Wakatobi target kerjasama. Karena kedua lembaga keuangan resmi itu akan membangun kantor kas dan mengembangkan potensi rumput laut di Wakatobi.

“Pemkab Wakatobi siap memfasilitasi dan mendorong pembebasan lahan kantor kas di Kaledupa. Dan mendorong pengembangan potensi rumput laut di Kaledupa. Tahun 2020 nanti, Pemkab Wakatobi akan membangun laboratorium bibit rumput laut,” ujar Bupati Wakatobi dalam sambutannya.

Direktur umum Bank Sultra, Hj Hayati Hasan, dalam sambutannya mengatakan Bank Sultra

telah bekerjasama dengan BI Perwakilan Sultra dalam program layanan kas BI Jangkau. Guna memastikan ketersediaan dan distribusi uang layak edar melalui lima kantor kas Bank Sultra yang ada di Wakatobi.

“Bank yang telah membukukan laba setelah pajak sebanyak 215 miliar pada tahun 2018 ini, akan terus berekspansi mendekatkan layanan kepada masyarakat,” ucap Dirut Bank Sultra.

Sementara itu Kepala perwakilan BI Sultra, Suharman Tabrani, menjelaskan jika telah menjalin beberapa kerjasama yang baik dengan Pemkab Wakatobi untuk tiga sektor penting.

“Tiga sektor itu yakni Pariwisatadi Desa Wisata Waha, Perikanan di Binongko dan Peningkatan Komoditas Ekspor (Rumput Laut) di Desa Liya Mawi dan Desa Darawa berupa rumah produksi,” katanya.

Diakhir kegiatan, Bupati Wakatobi melakukan penandatanganan Kerjasama program BI Jangkau, serta bersama BI menyerahkan Program sosial Bank Indonesia Bantuan Sarana & Prasarana Pengembangan Komoditi Rumput Laut Liya Mawi kepada Kelompok Lagundi dan program sosial BI bantuan sarana pendukung kegiatan pendidikan kepada SMAN 4 Wakatobi.

Kegiatan itu dihadiri sekitar 150 siswa setingkat SD, SMP, nasabah Bank Sultra. Dan dilanjutkan dengan sosialisasi ciri keaslian uang rupiah kepada siswa SD dan SMP. (*)

Komentar Anda