Wisman 14 Negara Akan Kunjungi Kota Baubau

758

BAUBAU, TRIBUN BUTON (Chy)

Wisman peserta Wonderful Sail 2 Indonesia 2019 berasal dari 14 negara telah memasuk perairan Baubau sejak Minggu 25 Agustus 2019.

Mereka melempar jangkar di Floating Deck Dinas Pariwisata Kota Baubau yang ditempatkan di Kelurahan Kadolomoko Kecamatan Kokalukuna. Di antaranya berasal dari seperti Inggris, Australia, Amerika, Swiss, Prancis, Italia dan Selandia Baru.

Kapal yacht dari berbagai negara yang membawa 40 wisatawan mancanegara tersebut direncanakan akan berlabuh di Baubau selama 5 hari dari tanggal 25-29 Agustus 2019.

Wonderful Sail to Indonesia adalah reli wisata layar yang berlangsung selama empat bulan, dari 22 Juli hingga 10 November 2019. Para pelayar masuk melalui entry port debut di Kabupaten Maluku Tenggara dan keluar dari exit port di Kepulauan Riau. Selama perjalanan itu, para peserta singgah di 20 destinasi di wilayah perairan Indonesia. Baubau menjadi destinasi ke 7 dari seluruh rangkaian pelayaran.

Walikota Baubau DR. H. AS. Tamrin menyambut baik terselenggaranya kegiatan Wonderful Sail 2 to Indonesia, Walikota merasa gembira menyambut kehadiran wisatawan mancanegera.

Walikota Baubau juga mengucapkan selamat datang kepada semua peserta, Pemerintah daerah menyambut dengan baik para wisatawan ke Baubau dengan menyiapkan berbagai agenda tidak saja bersifat promosi daerah, tetapi juga pengembangan daya tarik wisata, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat. Harapannya kunjungan ini tak hanya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara , tetapi juga bisa membranding destinasi wisata Baubau ke mata internasional.

“Saya berharap mereka mengabarkan hal indah ini ke seluruh yachter dunia. Sehingga Baubau juga semakin mendunia, dan kita semua bisa bertemu kembali di Wonderful Sail to Indonesia di tahun-tahun mendatang,”jelasnya.

Selanjutnya Drs. Ali Arham, M.MP Kepala Dinas Pariwisata Baubau menyampaikan Kehadiran para yachter dunia tersebut akan menjadi sarana promosi yang efektif bagi pariwisata Baubau. Sebab, para yachter itu tergabung dalam satu komunitas yang terdiri dari banyak anggota di seluruh dunia yang berangkat dari Darwin Australia. Harapannya para yatcher memviralkan kegiatannya dan mengetahui bahwa Baubau punya destinasi yang menarik.

“Diharapkan para wisatawan dapat menikmati kekayaan alam yang kami miliki. Selain tentunya akan memberikan dampak langsung terhadap masyarakat dari uang yang para yachter belanjakan di Baubau. Mulai dari kebutuhan mereka di atas kapal dan banyak hal lainnya seperti souvenir dan lainnya,” ujar Ali Arham.

Lia Muchlisi, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata mengungkapkan persiapan untuk penyambutan Sail Indonesia sudah dilakukan sejak awal bulan Juli 2019. Dengan berkoordinasi dengan Bapak Raymond T. Lesmana yang merupakan International Yatch Rally Organizer Wonderful Sail 2 Indonesia. Baik mengenai Rute, jadwal pendaratan, jenis-jenis aktifitas dan kuliner serta ketersediaan logistik, sarana kesehatan , bahan bakar, dll bagi yatch yang tersedia di baubau.

Sesuai planning wisman akan berada di kota Baubau selama 4 hari, peserta akan diajak menelusuri berbagai destinasi di Kota Baubau dalam tur yang disiapkan Pemerintah Kota Baubau mulai dari wisata kuliner, keindahan arsitektur Buton serta sejarah Kesultanan Buton, kemudian berkunjung ke kawasan agrowisata di Ngkaring-karing, Palabusa dan Pantai Nirwana. Selanjutnya akan diadakan acara resmi dari Pemerintah Daerah yang diagendakan hingga pukul 14.00 WITA.(#)