JELANG SAIL WONDERFUL TO INDONESIA, YATCH MULAI BERDATANGAN DI BUTUR

82
Yatch berlabuh di perairan Butur. FOTO:TRIBUN BUTON

BURANGA, TRIBUN BUTON

Menjelang Sail Wonderfull to Indonesian, sudah empat kapal turis (yatch) yang sudah merapat di dermaga Desa Banu-banua Jaya, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur), Jumat (9/8/2019).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Butur Harlin Hari mengatakan, bahwa sudah ada empat yatch yang merapat di pelabuhan Desa Banua-banua Jaya, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara.

“Tadi ini sudah ada empat kapal yang sudah datang, tapi belum di cek kapal apa-apa saja dan berapa orang yang sudah datang. Sebenarnya tanggal 11 mereka datang, tapi tidak sesuai dengan jadwal, kayaknya banyak yang akan datang,” kata Harlin Hari, dikonfirmasi via telepon.

Dia menjelaskan, tujuan dalam kunjungan para turis hanya untuk berwisata selama empat hari, yaitu tanggal 11-14 Agustus 2019. Sementara itu, katanya dari jadwan yang telah ditentukan salah satunya akan mengunjungi Benteng Lipu Kulisusu, menyaksikan tari rakyat tradisional Alionda, dan Kompania, permandian alam Pasarambola’ea, serta menyaksikan prosesi sunatan massal tradisional di gedung Tongano Lipu.

“Ada tiga rangkaian kegiatan, salah satunya yaitu acara penyambutan tamu peserta Sail Wonderful oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Butur, di Desa Banua-banua Jaya,” ujarnya.

Harlin Hari menamahkan, tanggal 13 ada dua rangkaian kegiatan, yaitu kunjungan ke sekolah untuk memberikan edukasi bahasa Inggris dan pelajaran tentang bahaya sampah plastik dilingkungan SMP dan SMA, serta mengunjungi kampung tradisional Desa Lantagi dan pantai wisata Wonua Ndoke di Desa Lantagi.

“Tanggal 14, ada satu rangkaian kegiatan yaitu, mengikuti parade Budaya Tradisional Kulisusu di area jalan raya Kota Ereke,”ungkapnya. (Deni Irawan)

Komentar Anda