BLANKO KTP-el DI BAUBAU KURANG

544
Arlis

BAUBAU, TRIBUN BUTON (Herlin)

Stok blanko KTP-el di Catatan Sipil (Capil) Kota Baubau kurang. Meski demikian, pelayanan pembuatan KTP-el tetap berjalan.

Kepala Dinas Capil Kota Baubau melalui Sekretaris Dinas, ARLIS, menjelaskan blanko KTP-el masih tersedia. Kekurangan blanko bukan hanya terjadi di Kota Baubau namun juga di tingkat nasional.

“Kami tetap melakukan pelayanan dengan stok blanko yang ada, kami juga sedang melakukan permintaan penyediaan blanko tambahan di pusat,” tuturnya.

Lanjut dia, dalam perekaman KTP-el terdapat beberapa masalah. Seperti masyarakat yang berbohong dengan berkata tidak pernah melakukan perekaman data sebelumnya dengan tujuan untuk mendapatkan layanan paling cepat dengan memalsukan data yang ada.

“Saya selalu sampaikan, di tiap perekaman KTP-el. Untuk jujur dalam memberikan informas data. Serta melaporkan kepada kami jika menemukan oknum yang meminta imbalan dalam pengurusan KTP -el sesuai dengan instruksi walikota Januari tahun 2014,” tutupnya.

Pembuatan e-KTP ataupun KTP-el itu ada beberapa mekanisme yang harus dilalui seperti untuk pengurusan baru. Berfoto terlebih dahulu dan mengisi data lainnya, selanjutnya data akan dikirim ke pusat SDH guna memvalidasi datanya agar tidak terdapat data ganda dan berakhir kembali ke daerah guna melakukan pencetakan.(#)

Editor: Putra