Rektor UM Buton “Pekande-kandea” Bareng Mahasiswa China dan Arab

915
Rektor UM Buton, Alzarliani ketika menyerahkan cinderamata. FOTO: LILIS/TRIBUN BUTON

BAUBAU, TRIBUN BUTON (Lilis)

Menggelar acara pekande-kandea, Universitas Muhammadiyah Buton (UM Buton), menghadirkan empat mahasiswa asing dari tiga negara Universitas Ahmad Dahlan. Di antaranya dari Arab, Pakistan, dan dua orang dari China.

Di sela-sela pekande-kandea di UM Buton. FORO:LILIS/TRIBUN BUTON

Rektor UM Buton, Wa Ode Arzaliani SP MM, menjelaskan kegiatan seperti ini tidak sekedar mendatangkan mahasiswa asing. Program seperti ini dapat terinformasi secara internasional sehingga mahasiswa asing dapat melanjutkan program studi nya di UM Buton.

“Program seperti ini sangat bagus untuk mempromosikan budaya Buton (pekande kendea) kepada orang luar utamanya pada universitas Ahmad Dahlan,” ungkapnya, Sabtu 13 Juli 2019.

Dikutip dari Wikipedia, pekande-kandea mempunyai arti makan-makan. Makna dari tradisi tersebut adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang telah masyarkat terima. Tradisi ini dilakukan pada bulan Syawal. Tradisi ini juga biasanya untuk menyambut tamu. Namun adapula yang memanfaatkan tradisi ini untuk mecari jodoh.

Ia berharap agar acara seperti ini terus dapat berlanjut. Dengan demikian rasa persaudaraan tetap terjalin dengan baik.(#)

Editor: Yuhandri Hardiman