458 KK di Butur Dapat Bantuan Pembagunan Rumah

78
Armin SE

BURANGA, TRIBUNBUTON (Mawan)

Sebanyak 458 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Buton Utara (Butur) mendapatkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun anggaran 2019 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Butur Armin mengungkapkan, Bantuan ini tersebar di 15 desa dan 3 kelurahan di Kecamatan Kulisusu, Kulisusu Barat dan Kulisusu Utara yang bersumber dari anggaran APBN, APBD I (Prov), dan APBD II (Kab) dengan total anggaran keseluruhan sebanyak Rp 8,6 miliar.

Program BSPS ini memiliki dua kriteria obiek untuk peningkatan kualitas dan pembagunan baru bagi berpengasilan rendah. “Ada dua hal digaris bawahi, stimulan dan swadaya. Stimulan itu rangsangannya Rp 17,5 juta setiap rumah, sedangkan swadaya itu masyarakat menyediakan bahan sesuai kemampuan, “kata Armin saat ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Mantan Kadis Pertambangan ini merincikan, Kecamatan Kulisusu tersebar di 5 desa, 3 kelurahan dengan jumlah keseluruhan 239 unit peningkatan kualitas, termaksud 30 unit pembagunan baru. Kecamatan Kulisusu Barat tersebar di 6 desa dengan jumlah keseluruhan 158 unit peningkatan kualitas.

Kecamtan Kulisusu Utara terdapat 4 desa dengan jumlah keseluruhan 61 unit peningkatan kualitas. “BSPS ada tiga bentuk yakni peningkatan kualitas melalui APBN Rp 17,5 juta, peningkatan kualitas melalui APBD I provinsi Rp 20 juta dan pembagunan baru melalui APBD II kabupaten Rp 15 juta. Jadi prosesnya T 1 sementara jalan, T 2 sementara verfikasi teknis. Target pengerjaanya tiga bulan, “tandasnya. (#)

Komentar Anda