TMMD ke-105 Kodim 1416 Muna Resmi Dibuka di Butur

80
Pemeriksaan pasukan oleh Bupati Butur. FOTO: DARMAWAN/TRIBUN BUTON

BURANGA, TRIBUNBUTON

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 1416/Muna dengan tema “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” resmi dibuka melalui upacara yang digelar di lapangan Raja Jin Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur), Rabu, 10 Juli 2019.

Penyerahan alat kerja kegiatan TMMD ke-105. FOTO: DARMAWAN/TRIBUN BUTON

Kegiatan ini dipimpin langsung dan dibuaka secara resmi oleh Bupati Buton Utara, Abu Hasan dan dihadiri jajaran TNI, Polri, DPRD Butur, Forkopimda, para kepala OPD Pemda Butur dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Butur Abu Hasan mengatakan, atas Berkah dan Karunianya Allah SWT bersama-sama dalam rangka upacara pembukaan TMMD ke-105 tahun 2019 di Kabupaten Buton Utara.

“Syukur Alhamdulillah program TMMD setelah beberapa tahun vakum akhirnya hadir kembali di Buton Utara Lipu Tinadeakono Sara. Program yang selama ini ditunggu-tunggu dan direspon baik oleh masyarakat Buton Utara, “kata Abu Hasan dalam sambutanya.

Program TMMD adalah kelanjutan dari program ABRI masuk desa yang merupakan program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, kementrian/lembagapemerintah non kementrian, pemerintah daerah dan swasta bersama masyarakat desa dalam rangka mempercepat pembangunan dan pemberdayaan masyarakat khususnya di desa-desa tertinggal, terpencil dan terisolir. Sasaran pada TMMD ke-105 ini mencakup sasaran fisik dan non fisik.

Sasaran fisik meliput pembagunan Mesjid, rehabilitasi tambatan perahu, dab rehabilitasi jalan kayu diatas air di Desa Banu-banua Jaya, Kecamatan Kulisusu. TMMD kali ini juga memiliki sasaran non fisik yang meliputi penyuluhan bela negara, penanggulangan bahaya terorisme dan radikalisme, penanggulangan bahaya Narkoba dan penyakit menular, penyuluhan KB, dan antisipasi penanggulangan bencana, serta membuka posko pengobatan masal gratis kepada masyarakat.

“TMMD ke-105 diharapkan dapat mempercepat pembangunan infrastruktur diwilayah Kabupaten Buton Utara dan melalui TMMD ini semoga dapat mempererat hubungan TNI dan masyarakat, “ujar Abu Hasan. (*)

Komentar Anda