Sultra Alami Gangguan Lokal, Cuaca Tak Menentu

495
Fatuhri Syabani

BAUBAU, TRIBUN BUTON (Mira)

Kondisi cuaca lokal tak menentu, kadang dingin pertanda memasuki musim kemarau. Namun tetap akan disertai hujan dengan angin kencang.

Kepala Stasiun Meteorologi Baubau, Fathuri Syabani, menjelaskan cuaca seperti ini akan terjadi sementara di wilayah Sulawesi Tenggara. Dia. Memastikan sementara terjadi gangguan cuaca lokal.

“Disebabkan oleh intruksi udara basah laut pasifik sebelah timur Filipina yang memasuki wilayah Sulawesi. Karena apa bila massa udara basah bertemu dengan dengan udara kering dari Australia maka uap tersebut akan menumpuk di daerah Sulawesi pada umumnya dan wilayah Sulwesi Tenggara pada khususnya,” jelasnya.

Inilah menurut dia yang menyebabkan tiga hari belakangan ini terjadi gangguan cuaca. Meski demikian, gangguan cuaca saat ini hanya bersifat temporer dan akan kembali stabil dalam beberapa hari kedepan.

Dia mengimbau masyarakat agar memperhatikan cuaca saat akan berpergian Dan berhati-hati baik itu di darat, laut maupun udara.

“Karena di wilayah timur apabila musim kemarau akan terjadi gelombang tinggi, jadi, dan yang cukup dikhawatirkan diperairan Wakatobi, Laut Banda dan