Bupati Wakatobi: ASN Harus Jadi Corong Pemerintah

1109
Bupati Wakatobi saat menyematkan lencana kepada Lurah Wanci yang dilantik. FOTO Duriani/Tribunbuton

WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), H Arhawi SE, mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) hendaknya menjadi corong masyarakat.

Hal itu disampaikannya disela-sela pelantikkan sejumlah pejabat struktural setingkat eselon tiga dan empat lingkup Pemkab Wakatobi Senin (1/7/2019) kemarin.

Kata Arhawi, ada beberapa hal penting menjadi perhatian ASN dalam menjalankan tugasnya. Terkait masih banyaknya masyarakat belum mengetahui capaian program pemerintah. Sehingga ASN dituntut menjadi penyambung ke masyarakat.

“Seluruh ASN menjadi corong pemerintah. Karena masih banyak masyarakat belum mengetahui apa yang telah diperbuat pemerintah,” kata Arhawi.

Arhawi, meyakini jika masih terdapat ASN yang belum memahami tugasnya. Pimpinan unit kerja merupakan pendelegasian dari Bupati dan Wakil Bupati sehingga ASN harus mampu menterjemahkan seluruh aturan dan kebijakan dari pimpinan unit kerja.

“Ada ASN yang belum pahami tugasnya. ASN adalah pelayan masyarakat, dan ada juga ASN yang tidak memahami perintah atasan. Perintah atasan bukan untuk didiskusikan, tapi harus dilaksanakan,” tegas Bupati Wakatobi.

Pada kesempatan itu pula, Arhawi, menekankan kepada ASN pentingnya menunjukan loyalitas kepada pimpinan. Jika loyalitas jalan bersamaan dengan kinerja yang baik, tentu akan menjadi nilai plus tersendiri.

“Saya berharap agar tunjukan kinerja yang baik. Jika anda telah menunjukan kerja baik tentu jabatan akan disesuaikan kapasitas dimiliki. Dan jika tidak menunjukan kinerja baik tentu ada dampak lain pula,” umbar Arhawi.(*)