Gelar Pahlawan Oputa Yi Koo Bisa Terwujud

679
Walikota Baubau AS Tamrin saat kuliah umum di UM Buton. FOTO:LILIS/TRIBUN BUTON

BAUBAU, TRIBUN BUTON (Lilis)

Gelar Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo bisaa terwujud. Ini ungkapan Wali Kota Baubau, AS Tamrin, saat memberi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Buton (UM Buton), Selasa 25 Juli 2019.

As Tamrin pose bersama dengan cibitas akademoka UM Buton. FOTO:LILIS/TRIBUN BUTON

Kuliah umum bertema “Menguak Nilai Juang Sara Pataanguna Dalam Menemukan Semangat Kepahlawanan La Karambau Sebagai Calon Pahlawan Nasional”. Kegiatan sekaligus penandatanganan MOU antara Pemerintah Kota Baubau dengan UM Buton oleh Rektor Universitas Muhamadiyah Buton.

Dalam pemaparannya, AS Tamrin menjelaskan alasan yang membuat dia memilih tema ini. Karena topik seperti ini masih jarang di era modernisasi saat ini.

“Topik ini sudah pernah diusulkan sebelumnya, tetapi belum terpenuhi dikarenakan syarat yang tidak terpenuhi,” ujar wali kota dua periode ini. Karena semangat ingin mengusulkan pahlawan nasional, AS Tamrin, menandatangani berkas usulan itu ke presiden oleh dinas sosial.

AS Tamrin mengaku telah bertemu dengan Ketua Tim Pemberian Penghargaan, Prof Jimli. “Insyaallah kalau tidak ada halangan gelar tersebut bisa terwujud,” tutupnya.(#) Editor: Yuhandri Hardiman