Relawan La Ode Ida Berbagi Bantuan Kemanusian

4575
Relawan La Ode Ida menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban konflik di Buton. FOTO:IST/TRIBUN BUTON

PASARWAJO, TRIBUN BUTON (YHD)

Pasca Konflik dua desa Sampoabalo dan Gunung Jaya di Kabupaten Buton, relawan La Ode Ida bersama BPBD Kota Baubau berbagi bantuan kemanusian berupa sembako dari La Ode Ida, Sabtu 15 Juni 2019.

Bahan pokok yang disalurkan berupa beras 1 ton, Indomie 100 dus, Aqua 100 dus dan susu 192 Kaleng. Apa yang diberikan diharapkan dapat membantu mengurangi beban masyarakat pasca konflik dua desa di buton.

Bantuan kemanusiaan ini selain di Buton diberikan juga kepada korban Banjir di Konawe dan Konawe Utara. La Ode Ida adalah Komisioner Ombudsman RI yang juga Pembina Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST).

Untuk bantuan di Konawe dan Konawe Utara berupa bahan pokok di kumpulkan relawan La Ode Ida di Kendari dan kesemuanya bersumber dari kerja sama PP KKST dan Relawan La Ode Ida di 17 Kabupaten Kota Se- Sultra.

Sebagaimana sebelumnya siaran pers Dr. H. La Ode Ida di salah satu media edisi 10 Juni 2019, konflik antar kelompok di Buton harus segera diakhiri tidak boleh lagi terulang. Tak baik dampak dan citranya di publik negara ini, apalagi mereka yg konflik itu masih dalam satu keluarga, kita sama orang Buton, kita Indonesia.

Maka yang diharapkan adalah secara sistematis semua stake holder melakukan pemulihan dgn pendekatan budaya, sosial dan sekaligus fisik. Pendekatan ini dalam pengamatan telah dimulai dengan respon cepat Pemerintah Daerah Tingkat II dan Pemda Propinsi Sulawesi Tenggara, stake holder termasuk TNI dan POLRI membangun pemulihan pasca konflik atau perhatian bantuan sosial pada korban bencana banjir.

“Sebagai orang sultra, orang Buton, anak Bangsa Indonesia kami turut berduka atas musibah atau bencana yang menimpa keluarga kami di Buton, Konaw e dan Konawe Utara,” jelas Koordinator Relawan Bantuan Kemanusiaan La Ode Ida, Yumardin Kedang, dalam siaran pers. Semoga bantuan kemanusiaan berupa bahan pokok ini Insya Allah dapat mengurangi beban dan membantu keluarga kita, masyarakat sultra korban pasca konflik dua desa di Buton ataupun korban bencana banjir di Konawe dan Konawe utara.(*)