Membangun Dalam Kawasan Taman Nasional, Pemkab Tojo Una Una Belajar di Wakatobi

273
Asisten dua Pemkab Wakatobi bertukar kenang-kenangan dengan Wakil Bupati Tojo Una Una. FOTO Duriani/tribunbuton.com

WAKATOBI, TRIBUN BUTON

Sejumlah rombongan perwakilan Pemerintah dan DPRD Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah (Sulteng) menyambangi Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra). Jum’at d(14/6/2019).

Pemkab Tojo Una Una yang diwakili Wakil Bupati, Admin Lasimpala, Wakil Ketua DPRD Tojo Una Una, Ja’far Muh Amin dan rombongan bermaksud untuk belajar dari Pemkab Wakatobi. Terkait pola pendekatan antara masyarakat lokal dengan pihak Balai Taman Nasional.

Pasalnya, Kabupaten Tojo Una Una nyaris memiliki kesamaan dengan Kabupaten Wakatobi. Karena di wilayah Kabupaten Tojo Una Una terdapat wilayah yang dikelola Balai Taman Nasional Togean. Sehingga perlu referensi terkait pola pendekatan antara masyarakat lokal dan pihak Balai Taman Nasional.

“Tujuan kami ke Wakatobi ini terkait keberadaan Wakatobi dalam wilayah Taman Nasional. Olehnya itu kami ingin belajar pengalaman agar bisa kami terapkan di Kabupaten Tojo Una Una,” ungkap Wakil Bupati Tojo Una Una, Admin Lasimpala, dalam pertemuannya dengan pihak Pemkab Wakatobi, Jumat (14/6/2019).

Wakil Bupati Tojo Una Una mengatakan kedatangannya di Wakatobi membawa misi besar. Diharapkan sharing pengalaman itu bisa membawa Tojo Una Una mengikuti jejak Wakatobi. Dimana terbangun sinergitas antara pemerintah kabupaten dan pihak Balai Taman Nasional.

“Kami ingin mengetahui seperti apa pola pendekatan dan perlakuan teman-teman Balai Taman Nasional di Wakatobi. Dan ingin mengenali sedetail mungkin strategi yang digunakan dalam merencanakan seluruh kegiatan pembangunan dalam wilayah Taman Nasional sehingga berjalan nyaman,” kata Admin Lasimpala.

Menurut Admin Lasimpala, Pemkab Tojo Una Una termotivasi dengan nama besar Wakatobi. Karena dalam pengetahuan Pemkab Tojo Una Una, Wakatobi merupakan kabupaten yang berada dalam wilayah Taman Nasional. Namun semua program berhasil diterapkan.

“Kami termotivasi nama Wakatobi untuk bisa diterapkan di Tojo Una Una. Kami pahami bahwa membangun dalam wilayah Taman Nasional tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tapi di Wakatobi sukses hingga membuat nama Wakatobi meluas,” puji Wakil Bupati Tojo Una Una.

Amatan media ini, Pemkab Wakatobi diwakili Asisten Dua Setda Wakatobi, Kadis Pariwisata, Kadis Lingkungan Hidup, Bappeda dan Dinas Kelautan Perikanan mencoba memberikan referensi terhadap apa yang sudah dilaksanakan di Wakatobi hingga saat ini.

“Banyak hal yang kami dapatkan di Wakatobi, terkhusus apa yang telah dilakukan Pemkab Wakatobi. Seperti trik mengurangi volume sampah, karena sampah sangat berpengaruh terhadap kelangsungan ekosistim. Kemudian kami juga dapat pengalaman yang sangat berharga, bagaiman kerja sama Pemkab Wakatobi dengan taman nasional yang luar biasa. Karena taman nasional di daerah kami hingga saat ini masih pro kontra,” pungkas Wakil Ketua DPRD Tojo Una Una, Ja’far Muh Amin.

Komentar Anda