Dikbud Muna Ajak Guru Sertifikasi Buat Soal USBN

80

RAHA, TRIBUN BUTON
MENGHADAPI Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan tingkat Sekolah Dasar (SD) , Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten telah membentuk panitiaan.

Kadis Dikbud, Ashar Dulu saat ditemui diruangannya, Jumat 1 Maret 2019 menjelaskan bahwa menghadapi pelaksanaan USBN dan UNBK secara kepanitian telah dibentuk untuk merakit soal-soal.

“Tahapan telah berproses, mulai perakitan soal untuk USBN untuk SMP dan SD sementara UNBK menunggu pendistribusian soal dari Propinsi,”Jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa saat ini panitia yang terdiri dari guru yang memiliki sertifikasi nasional sebagai instruktur tengah merakit soal-soal untuk SMP dan SD.

“Tahun ini, Kabupaten/Kota diberi kepercayaan untuk membuat soal-soal USBN, sehingga guru yang bersertifikasi
nasional sebagai instruktur tengah diajak membuat soal-soal USBN untuk SMP dan SD,”ungkapnya.

Lanjutnya, bahwa USBK SMP tidak tergantung jaringan internet namun komputer yang dalam ruangan sudah terkoneksi dalam satu server dan soalnya dimasukan dalam hardisk server.

“Soal USBK yang dibawah oleh Panitia dari Propinsi dalam bentuk hardisk dan nanti akan dikoneksikan dengan server sekolah,”Lanjutnya.

Ashar menyebutkan, pelaksanaan UNBK tingkat SMP dilaksanakan pada tanggal 22-25 April, sementara USBN 1-8 April sementara USBN tingkat SD 22-24 April.
29 Mei pengumuman. 19 Juni SD.

“Kalau tanggal pengumuman SMP tanggal 29 Mei sementara 19 Juni SD 2019,”Katanya.

Untuk diketahui beberapa SMP yang siap melaksanakan UNBK diantaranya SMPN 2 Raha, SMPN 4 Raha, SMPN 1 tongkuno, SMPN 6 Raha, SMPN 1 Lohia, SMPN 3 Lohia, SMPN 1 Kabawo, SMPN 2 Parigi, SMP Swasta katolik Raha, SMPN Swasta Muhammadiyah Raha, SMP Teknologi.(MN)

Komentar Anda