RESES DI WAKATOBI, BEGINI PESAN WAKIL KETUA DPRD SULTRA

2040

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Nursalam Lada, melaksanakan kegiatan reses masa sidang kedua tahun 2024. Di Kelurahan Wandoka Selatan Kabupaten Wakatobi, Rabu 5 Juni 2024.

Puluhan masyarakat setempat yang menghadiri kegiatan itu dengan penuh berharap mengusulkan sejumlah program pemberdayaan dan program fisik dalam ruang lingkup kelurahan.

Nursalam Lada, mengungkapkan reses masa sidang kedua tahun 2024 di daerah pemilihan (dapil) Sultra IV, Kabupaten Wakatobi merupakan bagian dari tugasnya sebagai wakil rakyat dalam menyerap aspirasi masyarakat.

“Ini bagian tugas kami sebagai anggota DPRD Provinsi. Dengan harapan agar masyarakat bisa menyampaikan usulan program. Serta menyampaikan capaian program pemerintah yang diantaranya berasal dari aspirasi masyarakat,” ungkap Nursalam Lada, yang juga sebagai putra daerah Wakatobi.

Politisi PDI-P tersebut mengatakan kegiatan reses harus dimanfaatkan pemerintah dan masyarakat Kelurahan Wandoka Selatan. Pasalnya, tidak semua aspirasi masyarakat terakomodir dalam APBD Kabupaten. Hal itu dikarenakan APBD Kabupaten sangat terbatas.

“Sekiranya ada kebutuhan warga berupa program yang belum terakomodir di kabupaten, akan kami perjuangkan di provinsi. Anggaran di kabupaten itu terbatas. Di APBD Provinsi ada Rp 6,3 Triliun dimana itu adalah uang rakyat khususnya di Sultra sehingga usulan masyarakat skala prioritas akan kami perjuangkan,” kata Nursalam Lada.

Anggota DPRD Sultra tiga periode yang sebentar lagi akan dilantik sebagai anggota DPRD Sultra periode keempat itu menambahkan, usulan masyarakat tentunya tidak serta Merta langsung terakomodir. Melainkan dikoordinasikan dengan Pemkab Wakatobi dan instansi terkait baik itu regulasi maupun ketentuan lain yang dipersyaratkan dalam undang-undang.

“Program bisa diperjuangkan melalui dua jalur yakni lewat kepala daerah dan DPRD. Dalam penyusunan program kedepan, hasil reses ini kami bisa melihat program prioritas mana yang layak diperjuangkan. Termasuk aspirasi pegawai (ASN),” tambah Nursalam.

Sementara itu Lurah Wandoka Selatan, Asinuru SE.MSi, atas nama Pemerintah Kelurahan dan masyarakat Wandoka Selatan berterimakasih atas kehadiran Wakil Ketua DPRD Sultra di wilayahnya untuk melaksanakan reses.

“Tidak semua desa/kelurahan di Wakatobi dijadikan lokasi reses. Jadi kita patut memberi apresiasi atas kehadiran Wakil Ketua DPRD Sultra di Kelurahan Wandoka Selatan. Untuk menyampaikan sejumlah capaian program aspirasi rakyat dan menampung aspirasi untuk masa sidang kedepan,” ujar Asinuru.

Menurut Lurah Wandoka Selatan, banyak program di kelurahan yang bisa diusulkan agar terakomodir di APBD provinsi. Sehingga peran Wakil Ketua DPRD dalam kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pembangunan khususnya di wilayah Kelurahan Wandoka Selatan.

Amatan media ini, sejumlah usulan masyarakat Kelurahan Wandoka Selatan mewarnai kegiatan reses Wakil Ketua DPRD Sultra di Wakatobi. Diantaranya pengadaan lapangan bola, alur masuk, alat perbengkelan dan pertukangan, peralatan tenun, modal untuk pelaku UMKM dan lain sebagainya. (Tribunbuton.com/adm)