ACTION PROGRAM 2024, KANTOR PERTANAHAN WAKATOBI KOORDINASI LINTAS SEKTOR

1612

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Menjelang pelaksanaan program kerja 2024. Kantor Pertanahan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra). Mengundang beberapa instansi lingkup Pemkab Wakatobi, Selasa 21 Mei 2024.

Instansi lingkup Pemkab Wakatobi dimaksud yakni Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Camat Kaledupa.

Kehadiran beberapa instansi terkait lingkup Pemkab Wakatobi itu, dalam rangka mengikuti sosialisasi yang diinisiasi Kantor Pertanahan Wakatobi. Berupa sosialisasi inventarisasi data lokasi indikatif pengadaan tanah tahun anggaran 2024.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Wakatobi, Agus S.ST, mengatakan dalam pertemuan itu melahirkan beberapa kesimpulan untuk memperkokoh koordinasi antara Kantor Pertanahan dan Dinas terkait lingkup Pemkab Wakatobi.

“Poin- poin yang dilahirkan dalam sosialisasi itu yakni memperkuat koordinasi antara Kantor Pertanahan dan dinas terkait. Yang berkaitan dengan kegiatan pengadaan tanah. Baik Pemkab Wakatobi maupun BPN akan terus meningkatkan kerjasama secara intens demi tercapainya kegiatan pengadaan tanah yang dilaksanakan Pemkab Wakatobi,” katanya.

Kepala Pertanahan Kabupaten Wakatobi, menjelaskan tahun 2024 terdapat kegiatan pembaruan zona nilai tanah berlokasi di pulau Kaledupa. Sehingga perlu adanya koordinasi dengan Pemkab Wakatobi khususnya instansi terkait.

“Tahun 2024, ada kegiatan Akses Reforma Agraria di Wilayah Wakatobi. Kegiatan Pembaruan Zona Nilai tanah yang berlokasi di Pulau Kaledupa sebanyak 200 bidang. Kemudian ada juga kegiatan mediasi untuk penyelesaian sengketa, konflik, dan perkara Pertanahan di Wilayah Kabupaten Wakatobi,” jelas Agus S.ST.

Selain itu juga lanjutnya, ada percepatan Program Strategis Nasional khususnya PTSL harus terus didorong karena PTSL memiliki kemanfaatan yang beragam bagi seluruh elemen masyarakat dan pemerintah.

“Bagi masyarakat, memiliki sertipikat Hak Atas Tanah bukti kepemilikan sebagai perlindungan hukum dan kepastian hukum serta membantu permodalan untuk usaha kecil menengah,” pungkas Kepala Pertanahan Wakatobi. (Tribunbuton.com/adm)