SYARAT CALON BUPATI WAKATOBI JALUR INDEPENDEN

1799

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Melibatkan sejumlah elemen masyarakat melaksanakan sosialisasi tahapan pilkada serentak 2024.

Sosialisasi dimaksud yakni Tahapan Pencalonan Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi Tahun 2024. Bertempat disalah satu aula hotel di Wakatobi, Selasa 7 Mei 2024.

Ketua KPU Kabupaten Wakatobi, La Deni, mengatakan sosialisasi itu sebagai bentuk penyebaran informasi sesuai ketentuan berlaku. Terkait pemenuhan syarat minimal dukungan dan sebaran calon perseorangan pada Pilkada Wakatobi 2024.

Sebagai bentuk pemenuhan syarat pencalonan calon perseorangan lanjut La Deni. Pasangan calon yang menggunakan jalur non partai politik itu wajib mengantongi dukungan 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Karena DPT di Wakatobi berjumlah 79.916 berdasarkan data Pemilu terakhir. Maka calon perseorangan wajib mengantongi minimal 7.992 dukungan foto copy KTP. Yang tersebar di semua wilayah minimal lima kecamatan,” kata Ketua KPU Wakatobi.

Persyaratan tersebut mengacu pada ketentuan UU Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 41 ayat 2. Tentang pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota yang menyebutkan calon perseorangan dapat mendaftarkan diri jika memenuhi syarat dukungan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih.

Saat ini lanjut La Deni, pihaknya telah membuka akses informasi menyangkut persyaratan lengkap bagi bakal pasangan calon perseorangan untuk Pilkada Wakatobi 2024. Melalui laman daring KPU Kabupaten Wakatobi.

“Jika ada yang berminat melalui jalur calon perseorangan, bisa menghubungi langsung helpdesk pencalonan di Kantor KPU Kabupaten Wakatobi,” tutupnya. (Tribunbuton.com/adm)