PENDAFTARAN BALON BUPATI WAKATOBI DI PDIP BERAKHIR, PKB BARU MEMULAI

1814

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC-PDIP) Kabupaten Wakatobi. Resmi menutup batas waktu penjaringan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, pada Pilkada serentak November 2024. Kamis 25 April 2024 pukul 24.00 wita.

Ketua Tim Desk Pilkada DPC-PDIP Kabupaten Wakatobi, Daud Yusuf, mengungkapkan sejak dibuka pendaftaran 1 – 25 April 2024. Terdapat enam kandidat putra-putri daerah mengambil formulir pendaftaran.

“Ada enam kandidat mengambil formulir pendaftaran. Hingga batas waktu pendaftaran ditutup, ada lima kandidat mengembalikan formulir. Empat diantaranya mendaftar sebagai balon Bupati dan satu orang mendaftar balon Wakil Bupati,” ungkap Daud Yusuf, Jumat 26 April 2024.

Setelah ditutupnya batas waktu pendaftaran lanjut Daud Yusuf. Pihaknya akan melakukan verifikasi berkas pendaftar. Jika ditemukan ada kekurangan berkas yang dipersyaratkan dalam ketentuan, akan dilakukan perbaikan.

“Setelah ditutupnya pendaftaran ini, kami akan memverifikasi berkas para pendaftar. Sehingga, saat seluruh berkas dilimpahkan ke DPD-PDIP untuk proses selanjutnya, sudah tidak ada kesalahan maupun kekurangan lainnya,” ujar Daud Yusuf.

Adapun lima kandidat yang mengembalikan berkas itu yakni H La Ode Arifuddin Rasidi, H Haliana, Ratna Lada, H Hamirudin. Keempat kandidat ini mendaftar sebagai balon Bupati Wakatobi. Sedangan satu nama lagi yakni Azwar Saputra, mendaftar sebagai balon Wakil Bupati Wakatobi.

Sementara itu di tempat berbeda, Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC-PKB) Kabupaten Wakatobi, terhitung sejak Kamis 24 April 2024 membuka penjaringan balon Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi.

Ketua DPC-PKB Kabupaten Wakatobi, Muh Syawal, mengatakan pendaftaran atau penjaringan balon Bupati dan Wakil Bupati secara nasional serentak 20 April 2024. Namun di Sulawesi Tenggara baru dimulai 24 April 2024, dan selanjutnya Wakatobi mengikut.

“Pendaftaran di DPC-PKb Wakatobi sejak 24 April hingga 2 Mei 2024. Di hari pertama ada tiga kandidat melalui LO masing-masing datang mengambil formulir pendaftaran. Semoga dengan sisa waktu beberapa hari kedepan masih ada kandidat mengambil formulir. Karena 2 Mei 2024, berkas pendaftar sudah harus bergeser ke Provinsi untuk proses selanjutnya,” ujar Muh Syawal, Kamis 25 April 2024.

Adapun tiga kandidat melalui LO yang telah mengambil formulir itu antara lain H Haliana, H La Ode Boa dan Ratna Lada. (Tribunbuton.com/adm)