PDIP BUSEL BUKA PENDAFTARAN BACABUP, ANAK MANTAN BUPATI BUSEL KEMBALIKAN FORMULIR

237

BUSEL, TRIBUNBUTON.COM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Buton Selatan (Busel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Terhitung sejak 1 – 20 April 2024 telah membuka pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Busel pada Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang.

Dalam rentan masa pendaftaran tersebut, ada lima figur yang mengambil formulir pendaftaran. Dan sejauh ini sudah ada tiga figur telah mengembalikan formulir pendaftaran.

“Pendaftaran akan ditutup hari ini Sabtu 20 April 2024 jam 12 malam. Yang mengambil formulir ada lima orang yakni La Ode Risawal, La Ode Budi Utama, La Ode Armada, DR Hardodi dan La Ode Budiman,” ungkap Ketua Desk Pilkada DPC PDIP Busel, Dodi Hasri. Sabtu 20 April 2024.

Dari lima orang yang telah mengambil formulir pendaftaran itu lanjutnya. Tiga orang diantaranya telah mengembalikan berkas. “Saat ini baru La Ode Budi Utama, La Ode Armada dan La Ode Risawal yang mengembalikan berkas pendaftaran,” kata Dodi Hasri.

Dikatakan Dodi Hasri, dalam mengusung bakal calon kepala daerah, PDIP memprioritaskan kader. Namun PDIP tetap membuka diri untuk bakal calon eksternal dan tentunya mempertimbangkan elektabilitas.

“Kader PDIP yang mendaftar ada tiga orang yakni La Ode Budi Utama, La Ode Armada dan La Ode Risawal. Dua lainnya non kader yakni DR Hardodi dan La Ode Budiman,”

“Setelah tahapan pengembalian berkas, bakal calon yang sudah mengembalikan berkas pendaftaran akan mengikuti tahapan wawancara di DPD PDIP Sultra yang diagendakan 27 April – 4 Mei 2024,” beber Dodi Hasri.

Ditambahkannya, hasil tahapan di tingkat provinsi akan didorong ke DPP untuk dilakukan fit and propertest dan dilanjutkan dengan survey yang diturunkan oleh internal PDIP.

“Yang pasti seluruh tahapan akan kelar di Bulan Mei. Informasi yang kami perolehan di akhir Mei itu sudah kelar untuk rekomendasi dari PDIP,” Dodi Hasri, menambahkan.

Sementara itu salah seorang pendaftar, La Ode Risawal, yang juga putra kandung mantan Bupati Busel, La Ode Arusani. Mengungkapkan keseriusannya mengikuti kontestasi Pilbup Busel dengan mengikuti proses penjaringan.

“Hari ini kita resmi mendaftar untuk selanjutnya akan kita ikuti semua tahapan dan mekanisme partai. Kalau ditanya kesiapan Insya Allah lahir batin kita siap maju di Pilkada Buton Selatan,” tegasnya.

Diakuinya jika PDIP merupakan salah satu partai pemenang pemilu di Busel dalam pemilihan legislatif lalu. PDIP Buton Selatan berhasil meraih tujuh kursi di legislatif.

Dengan perolehan kursi tersebut, PDIP telah memenuhi syarat untuk mengusung satu pasang calon kepala daerah. Meski begitu, La Ode Risawal tetap akan membuka diri untuk membangun koalisi dengan partai lain jika nantinya diusung oleh PDIP.

“Selain mendaftar di PDIP, kita juga akan membangun komunikasi dengan partai lain yang memiliki komitmen bersama dalam pemenangan di Pilkada nanti,” tutupnya. (Tribunbuton.com/adm)