MELALUI PROLEGDA, DPRD WAKATOBI AKAN USULKAN PERAMPINGAN OPD

2920

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana melakukan perampingan jumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Rencana yang akan diwujudkan disisa waktu masa jabatan anggota DPRD Wakatobi periode 2019-2024 itu. Akan diajukan dalam program legislasi daerah (Prolegda).

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Wakatobi, Arman Alini, mengungkapkan saat ini jumlah OPD sebanyak 32 unit. Jika dilihat dari tingkat efisiensi dan kinerja, jumlah tersebut dinilai sangat membebani keuangan daerah.

Melihat kondisi keuangan daerah yang sangat minim lanjut politisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut. Kalangan anggota DPRD Wakatobi akan mengajukan untuk perampingan OPD.

“Tahun 2024 ini perampingan OPD kita akan ajukan dalam program legislasi daerah (Prolegda),” ungkap Arman Alini, Jumat 5 April 2024.

Anggota DPRD Wakatobi dapil 1 yang beberapa waktu lalu terpilih kembali setelah pindah dapil IV pulau Tomia berharap anggota DPRD sisa masa jabatan 2019-2024 bisa mengajukan dan memproses Prolegda tersebut menjadi peraturan daerah (Perda).

Jika terwujud maka akan terabadikan sebagai kado pengabdian terhadap daerah dalam menjalankan fungsi legislasi. Karena perampingan OPD itu juga dimaksudkan untuk menyelamatkan keuangan daerah.

“Banyaknya OPD yang tidak produktif dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang minim. Justru menjadi beban APBD Kabupaten Wakatobi. Kita berharap pimpinan DPRD segera menginisiasi persoalan dimaksud agar mendapat respon dari pemerintah daerah,” pungkasnya. (Tribunbuton.com/adm)