TIM SAR GABUNGAN TEMUKAN NELAYAN HILANG ASAL TOLANDONA MD

402

BUTENG, TRIBUNBUTON.COM – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melanjutkan pencarian satu orang nelayan yang belum kembali melaut. Minggu 26 November 2023.

Press release KPP Kendari dijelaskan pencarian satu orang nelayan yang belum kembali melaut di sekitar perairan Tolandona itu, memasuki hari kedua.

Minggu 26 November 2023, sekitar pukul 07.00 Wita. Tim SAR Gabungan melanjutkan Pencarian dengan membagi dua tim. Dimana Tim satu dengan menggunakan RIB melakukan penyisiran menggunakan Aquaeye disekitar LKP dan penemuan longboat dengan luas area 0,12 NM².

Sedangkan tim dua dengan menggunakan enam Unit longboat melakukan penyisiran dipesisir pantai bagian utara dari pulau Tolandona hingga tanjung Kalangkangan dengan luas area penyisiran 6,09 NM².

Alhasil, pencarian di hari kedua membuahkan hasil. Dimana Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban, namun korban sudah dalam keadaan meninggal dunia.

“Pada pukul 09.15 Wita, korban ditemukan dipesisir pantai Desa Wara oleh Tim SAR Gabungan dalam kondisi MD. Sekitar 3,8 NM arah barat daya dari LKP. Selanjutnya korban dievakuasi ke pelabuhan Tolandona untuk dibawa menuju rumah duka dan diserah terimakan kepada pihak keluarga korban,” tulis KPP Basarnas Kendari dalam releasenya. Minggu 26 November 2023.

Dengan ditemukannya korban tersebut, Ops SAR terhadap satu orang nelayan yang belum kembali dari melaut disekitar perairan Tolandona dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Adapun data korban yakni, Samunu (65). Warga Dusun Nambo kelurahan Tolandona Matanaeo, Kecamatan Sangia Wambulu Kabupaten Buton Tengah.

Kronologisnya yakni pada tanggal 24 November 2023 malam, korban keluar melaut dengan menggunakan longboat untuk memasang jaring ikan disekitar perairan tolandona.

Pada pukul 21.00 Wita, longboat milik korban ditemukan nelayan Kalialia dengan kondisi korban tidak berada di longboatnya. Pencarian telah dilakukan namun dengan hasil nihil. Dugaan sementara korban terjatuh dari longboatnya. (Tribunbuton.com/adm