MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN RESMIKAN UPBRL DI WAKATOBI SULTRA

390

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, meresmikan bangunan Unit Produksi Bibit Rumput Laut (UPBRL) di Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Kamis 23 November 2023.

Peresmian bangunan UPBRL atau lebih dikenal dengan sebutan Modeling Budidaya Rumput Laut yang terletak di Desa Numana Kecamatan Wangi-Wangi Selatan itu ditandai dengan penandatanganan prasasti. Menteri Kelautan dan Perikanan didampingi Bupati Wakatobi, H Haliana.

Sakti Wahyu Trenggono, kepada sejumlah awak media mengungkapkan kekagumannya setelah melihat langsung modeling budidaya rumput laut di Wakatobi. Dimana memiliki luas area kurang lebih 50 hektar.

Kondisi itu lanjut Menteri Kelautan dan Perikanan, akan menjadi lumbung pendapatan petani rumput laut. Sekaligus bakal mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Wakatobi.

“Nilai pasar rumput laut di dunia saat ini tembus USD 16,7 Milyar. Dan diprediksi akan menembus USD 30,2 Milyar di Tahun 2033 mendatang,” ungkap Sakti Wahyu Trenggono.

Menurutnya, kondisi itu telah sejalan dengan perencanaan pemerintah dalam hal ini Presiden RI, Joko Widodo. Yang mengusung program hilirisasi baik melalui perbaikan sistim, perbaikan kultur jaringan, dari awal pembibitan hingga masa panen.

Pada kesempatan itu pula, Sakti Wahyu Trenggono, menekankan kepada petani rumput laut untuk serius memanfaatkan kemudahan dan bantuan pemerintah. Sehingga membawa manfaat bagi peningkatan pendapatan ekonomi dari budidaya rumput laut.

Menteri Kelautan dan Perikanan juga mengatakan Kabupaten Wakatobi masuk dalam agenda Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) termasuk empat daerah lainnya di Indonesia. Dalam upaya percepatan budidaya serta paska panen melalui modeling budidaya rumput laut.

“Wakatobi dan empat daerah lainnya yakni Maluku Tenggara, Rote Ndao, Buleleng dan Lombok Timur terpilih menjadi lokasi pertama dibangun modeling budidaya untuk dikembangkan,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan.

Diakhir kegiatannya di Wakatobi, Sakti Wahyu Trenggono, secara simbolis menyerahkan bantuan KKP kepada kelompok petani rumput laut di Kabupaten Wakatobi. Bantuan itu tidak tanggung-tanggung karena memiliki nominal Rp 17,5 Milyar lebih. (Tribunbuton.com/adm)