KALLA TOYOTA BANGUN SHOWROOM DI KOTA BAUBAU

750

BAUBAU, TRIBUMBUTON.COM – Kalla Toyota, unit bisnis Kalla Group dan salah satu founder dealer Toyota di Indonesia dibawah naungan Agen tunggal pemegang merek (ATPM) PT Toyota Astra Motor. Membangun showroom di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pembangunan showroom di Kota Baubau ditandai dengan peletakan batu pertama. Yang dihadiri Chief Finance Officer (CFO) Kalla Toyota, Sjaiful Kasim. Turut dihadiri PJ Wali Kota Baubau yang wakili Kadis Perhubungan, Kadis PUPR serta perwakilan Dinas Penanaman Modal dan PTSP. Selasa 31 Oktober 2023.

Peletakan Batu pertama pembangunan dihadiri langsung Chief Finance Officer (CFO) Kalla Toyota, Sjaiful Kasim dan Pj. Wali Kota Baubau, Rasman Manafi yang diwakili Kadis Pehubungan Kota Baubau, Arlis, Kadis PUPR, Abdul Karim serta perwakilan dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Baubau, Selasa 31 Oktober 2023.

CFO Kalla Toyota, Sjaiful Kasim, mengungkapkan Kalla Toyota pertama kali masuk di Baubau tahun 1990an. Saat itu lanjutnya, Baubau cukup dominan dengan hasil pertaniannya hingga diatas tahun 2017. Kemudian Kota Baubau berkembang menjadi kota jasa dan kota transit.

Kondisi itu masih kata Sjaiful Kasim, diakibatkan karena Baubau memainkan perannya sebagai magnet bagi daerah sekitar. Sehingga mobilitas dan aktifitas penduduk meningkat pada siang hari.

“Kalau kita lihat penduduk Kota Baubau ini ada dikisaran 160 ribu. Namun pada siang hari jumlah penduduk yang berada di Kota Baubau bisa meningkat hingga dua kali lipat,” ungkapnya.

Dengan status Kota Baubau sebagai kota jasa. Sjaiful Kasim, mengatakan kebutuhan kendaraan roda empat juga akan semakin meningkat. Terlebih Kota Baubau kaya dengan sejarah dan memiliki ragam kebudayaan tentu ikut mendongkrak potensi destinasi pariwisata dan menjadi indikator meningkatnya kebutuhan kendaraan roda empat.

“Saat ini Kalla Toyota Baubau menguasai 30 persen pasar kendaraan roda empat di wilayah Baubau dan sekitarnya dengan penjualan hingga 500 unit per tahun. Ini menjadi salah satu alasan kami untuk hadir memberikan pelayanan yang ekstra kepada customer Toyota dengan membangun showroom resmi di Baubau,” kata Sjaiful Kasim.

Sementara itu Network Planning Assistant Manager, Hermawan, menambahkan showroom Baubau merupakan kantor cabang ketiga di Sultra yang secara resmi dibangun Toyota Astra Motor. Dua lainnya ada di Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka.

Showroom di Baubau rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 2.666 meter yang terletak di Jl. Pahlawan, Kelurahan Bukit Wolio Indah Kecamatan Wolio. Dengan konstruksinya dua lantai dan menelan total anggaran sebesar Rp 17 hingga 20 miliar.

“Katagori outlet yang akan dibangun ini Vehicle Service and Parts (VSP). Jadi ada penjualan mobil, service dan suku cadang,” paparnya.

Ditambahkannya, showroom Kalla Toyota yang dibangun di Baubau merupakan dealer ke 23 dari 31 outlet Toyota Astra Motor yang membawahi empat provinsi. Diantaranya Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

‘Ditargetkan pembangunan showroom tersebut akan tuntas pada semester pertama hingga semester kedua tahun 2024,” ucap Hermawan.

Kadis Perhubungan mewakili PJ Wali Kota Baubau, memberikan apresiasi kepada Kalla Toyota yang telah membangun showroom di Baubau dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Baubau dan sekitarnya.

“Kami menyambut baik dengan komitmen Kalla Toyota yang menghadirkan showroom yang megah di Kota Baubau. Kita berharap kehadiran showrom ini bisa menginspirasi semua pihak dalam memberikan layanan terbaik pada masyarakat,” paparnya. (Tribunbuton.com/adm)