MAHASISWA KKA UMB ANGKATAN XXV SUKSES HADIRKAN BPJS KELILING DI WILAYAH KEGIATAN

508

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Amaliyah (KKA) Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) Angkatan XXV 2023. Yang ditempatkan di Kelurahan Kampeonaho Kecamatan Bungi Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra). Bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Baubau, berkolaborasi mensosialisasikan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan pelayanan melalui BPJS keliling. Bertempat di Aula Kantor Kelurahan Kampeonaho Kota Baubau, Jumat 13 Oktober 2023.

Liyma Boli, petugas BPJS Keliling Kota Baubau mengatakan kegiatan itu secara langsung memberikan pemahaman terkait kepesertaan JKN. Dan bertujuan mempermudah masyarakat khususnya warga Kelurahan Kampeonaho untuk mendapatkan pelayanan pengurusan BPJS. Mengingat jarak antara Kelurahan Kampeonaho dan Kantor BPJS Baubau cukup jauh.

“Jadi tujuannya membantu kami menjemput bola untuk warga di sini, agar tidak perlu jauh-jauh lagi ke kantor BPJS hanya untuk mengecek, terdaftar atau belum. Kemudian data pemindahan fasilitas kesehatan juga bisa langsung kami layani di sini,” kata Liyma Boli.

Dikatakannya, peserta harus paham kewajibannya dan alur pelayanan kesehatan serta pengaduan layanan serta informasi perihal BPJS Kesehatan.

“Dan masyarakat atau peserta yang masih bingung bisa mengecek situs kami di Mobile JKN, website BPJS Kesehatan, atau aplikasi Chika BPJS Kesehatan yang bisa diunduh melalui Playstore atau Appstore dan juga bisa melalui pelayanan via WhatsApp di +628118165165 dan Call Center 165,” ujar Liyma Boli.

La Pondi, tokoh masyarakat Kelurahan Kampeonaho mengapresiasi kinerja mahasiswa KKA UM Buton yang berjalan lancar. “Bersyukur kepada pihak BPJS dan terkhusus kepada adik-adik Mahasiswa UM Buton yang sudah berupaya untuk melakukan komunikasi terhadap pihak BPJS Kota Baubau untuk hadir di Kelurahan Kampeonaho. Dan kami sangat terbantu,” terang La Pondi.

Maulana Hasan Syaiful, Koordinator Mahasiswa KKA UM Buton Kelurahan Kampeonaho merasa senang dan bangga melihat antusias masyarakat yang berbondong-bodong datang ke Aula Kelurahan untuk mengikuti kegiatan.

“Sehari sebelum kegiatan ini kami mendapatkan kendala dalam proses memobilisasi masyarakat agar mau menghadiri kegiatan,” ucapnya.

Namun dengan ketenangan dalam mengambil inisiatif dan komunikasi persuasif serta kerja sama antar Kelurahan, tokoh masyarakat dan pemuda. Mahasiswa berhasil menghadirkan kurang lebih 70 peserta dari berbagai elemen masyarakat.

“Senang sekaligus bangga terhadap kerja keras yang telah kami lakukan. Pastinya dengan kedatangan pelayanan BPJS Keliling akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Kampeonaho,” tutup Maulana Hasan Syaiful, mahasiswa Ilmu Komunikasi UM Buton. (Tribunbuton.com/adm)