PENGASPALAN DI PERUMNAS TAK TUNTASKAN JALAN

3136
Sisa kurang lebih 50 meter lagi, pengaspalan jalan ini terhenti. Diduga anggarannya sudah habis alias sampai fi situ saja. foto: tribunbuton.com

Sisakan 50 Meter Lagi, Dipertanyakan?

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Pengaspalan jalan kompleks perumahan Waruruma (Perumnas Waruruma), Kota Baubau, tidak tuntas alias masih menyisakan kurang lebih 50 meter lagi. Padahal jalur Jln Nusa Indah itu merupakan salah satu akses utama keluar-masuk warga di jalur SMPN 5 Baubau, Senin Oktober 2023.

Pengaspalan jalan di Perumnas Waruruma yang berhnti. Padahal tinggal kurang lebih 50 meter lagi. Foto: tribunbuton.com

Proyek pengaspalan jalan ini dikerjakan oleh CV Ratu Balqis, tanggal kontrak 31 Juli 2023 dengan masa kerja 90 hari kalender. Sesuai papan proyek, nominal anggaran pengaspalan jalan lingkungan Perumnas Waruruma ini senilai Rp 989.159.000.

“Yang diaspal hanya 218 meter sesuai anggaran. Anggaran habis,” jelas pengawas dan konsultan proyek, ditemui di sela-sela pengaspalan.

Warga Perumnas hanya bisa mengeluhkan pengaspalan jalan yang berhenti sampai di situ. Padahal sisa sekitar 50 meter lagi jalan ini selesai. Sementara pengerasan Jln Nusa Indah dalam beberapa waktu terakhir sebelum pengaspalan, menyebabkan debu tebal di seluruh kompleks jalan yang dikerjakan.

Salah satu akses jalan di bagian Kantor Polsek Konalukuna. Foto: tribunbuton.com

Sementara itu, Kadis PU Kota Baubau, Abdul Karim, dihubungi via whatsap terkait pengaspalan yang tidak menyelesaikan jalan sepenuhnya, mengakui anggaran pengaspalan hanya sampai seperti itu. Menurut dia untuk penyelesaiannya akan dianggarkan tahun depan.

“Klu mmg anggarannya sampai begitu.. nti qt anggarkan lgi,” tulis Abdul Karim.

Warga setempat berharap kepada pemerintah dan instansi terkait untuk dapat menyesaikan pengaspalan jalan. Mengingat Jln Nusa Indah merupakan salah satu akses jalan keluar masuk warga ke jalan poros. Selain itu jalan pengerasan menyebabkan debu tebal, apalagi jalan Nusa Indah ramai dilewati kendaraan. (adm)