NELAYAN HILANG ASAL BUSEL DITEMUKAN NELAYAN BULUKUMBA

597
La Rifan, di tengah-tengah keluarga nelayan Bulukumba yang menemukannya di tengah laut. ist

BUSEL, TRIBUNBUTON.COM – La Rifan (31) warga Kabupaten Buton Selatan (Busel) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang hilang saat melaut di perairan pulau Batu Atas 16 September 2023 lalu. Ditemukan dalam keadaan selamat (masih hidup).

La Rifan ok

Press release Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Kendari, Minggu 24 September 2023. Dijelaskan jika pihaknya mendapat informasi dari salah seorang nelayan asal Sulawesi Selatan jika telah menemukan korban (La Rifan, red) dalam keadaan selamat.

“Minggu 24 September 2023 pukul 17.00 Wita terima info dari Bpk Syahril (Nelayan Bulukumba) yang melaporkan penemuan korban An La Rifan. Disekitar Perairan selatan pada hari kamis 21 September 2023 pukul 11.00 Wita dalam keadaan selamat. Saat ini korban berada di Desa Tanah Jaya Kecamatan Kadang Kassi Kabupaten Bulukumba,” ungkap Muhamad Arafah, Kepala Kantor KPP Kendari dalam press releasenya.

Adapun kronologis hilangnya korban yakni sejak Sabtu 16 September 2023 pukul 03.00 Wita. Korban pergi melaut menggunakan longboat dari pelabuhan rakyat Desa Tira Buton Selatan menuju rompong kurang lebih 20 NM (sebelum pulau Batu atas). Dimana kebiasaan korban kembali dari melaut sore keesokan harinya.

Namun karena kebiasaan korban pulang pada waktu itu tidak kunjung ada. Maka pihak keluarga melaporkannya ke pihak Kantor KPP Basarnas Kendari. Dan sejak itu pula, Tim SAR gabungan diturunkan untuk melakukan pencarian terhadap korban. (Tribunbuton.com/adm)