PEMPROV SULTRA GELAR SERTIJAB GUBERNUR

855
Serah terima jabatan dari Gubernur Sultra periode 2018-2023 ke Penjabat Gubernur Sultra. Foto Ist

KENDARI, TRIBUNBUTON.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra periode 2018-2023, H Ali Mazi SH – H Lukman Abunawas. Diserahkan ke Penjabat Gubernur Sultra, Komjen (Purn) Polisi Andap Budhi Revianto.

Sertijab yang dihadiri langsung Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra periode 2018 – 2023 dan Penjabat Gubernur Sultra tersebut. Bertempat di Ruang Pola Bahteramas Kantor Gubernur Sultra. Jumat 8 September 2023.

Dikutip dari laman sosial media (Facebook) Dinas Kominfo Sultra. Sertijab diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 74/P/2023. Tentang pengangkatan Penjabat Gubernur dengan masa jabatan satu tahun, Andap Budhi Revianto sebagai Pj Gubernur Sultra. Berdasarkan Kepres RI dan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Selanjutnya dilaksanakan proses Sertijab kepada Pj Gubernur Sultra dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Periode 2018-2023. Proses penandatanganan Sertijab diawali dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra periode 2018-2023 serta Pj Gubernur Sultra.

Dilanjutkan dengan penyerahan memori jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Periode 2018-2023, penyerahan peraturan Gubernur tentang rencana pembangunan Prov Sultra tahun 2024 -2026. Dokumen tersebut adalah dokumen perencana pengganti RPJMD hingga Kepala daerah definitive. Dan diakhiri penyerahan kenang-kenangan oleh Gubernur Sultra periode 2018-2023 kepada Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto.

Gubernur Sultra periode 2018-2023, H Ali Mazi, dalam sambutannya mengatakan dalam kurun waktu lima tahun terhitung sejak 5 September 2018 hingga 5 September 2023 hingga dilantiknya Penjabat Gubernur Sultra oleh Mendagri. Menandakan jika periode masa baktinya telah berakhir.

“Berbagai program pembangunan daerah, baik dalam bentuk program prioritas sudah dilaksanakan. Seperti jalan tol Kendari menuju kawasan wisata toronipa, gedung RS Jantung Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yi Koo. Serta gedung perpustakaan modern Sultra,” ungkap Ali Mazi.

Pada kesempatan itu, Ali Mazi, menitipkan harapan kepada Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, agar kiranya dapat melanjutkan dan meningkatkan hal-hal baik yang telah dikerjakan. Serta membenahi apa-apa yang masih dinikai kurang, untuk terus melanjutkan pembangunan daerah demi menjadikan Sultra masa depan Indonesia.

Sementara itu Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden RI, Joko Widodo. Yang telah memberinya kepercayaan menjadi Pj Gubernur Sultra.

“Penugasan berharga ini tidak lepas pula dari inspiransi dan rekomendasi DPRD Sultra yang diajurkan Kementerian Dalam Negeri RI. Sungguh saya tidak menduga, nama saya dianjurkan oleh Wakil Rakyat. Saya ucapkan terima kasih seluruh anggota DPRD Sultra,” ucap PJ Gubernur Sultra.

Menurut mantan Kapolda tersebut. Sultra memiliki potensi besar namun ada sedikit tantangan yang harus disikapi bersama-sama rekan Forkopimda, TNI, Polri, segenap Tokoh, Komponen Masyarakat di Sultra.

“Saya berkomitmen untuk bekerja keras dalam rangka mewujudkan visi misi pembangunan yang semakin baik untuk semua warga sultra. Vsi misi Pemprov Sultra tentu merupakan bagian yang tidak terpisahkan karena merupakan satu kesatuan yang utuh dari upaya mencapai visi misi NKRI yang diamanahkan dalam UUD Negara RI Tahun 1945. Apabila kita ambil inti sarinya maka misi kita adalah menjadi bagian dari upaya mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” katanya.

Misi kita bersama yang harus dijalankan lanjut Andal Budhi Revianto, adalah menjadi bagian perjuangan dan terbentuknya pemerintahan dalam segenap bangsa dan seluruh tumpah darah. Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

“Indicator tercapainya keadilan sosial yang diamanahkan didalam konsitusi UUD Tahun 1945 yaitu terpenuhnya hak rakyat. Pertama yakni sandang, pangan. Kedua, pendidikan kebudayaan. Ketiga, pekerjaan dan kesehatan dan jaminan sosial. Keempat, pelindungna sosial, lingkungan hukum dan HAM. Serta Kelima terpenuhnya hak rakyat atas infastruktu dan lingkungan hidup yang baik,” jelas PJ Gubernur Sultra.

Andal Budhi Revianto, menilai kepemimpinan H Ali Mazi – H Lukman Abunawas telah berhasil menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan. Tentunya semua capaian dan apresiasi terus harus terjaga dan harus ditingkatkan demi tercapainya keadilan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat di Sultra.

“Untuk seluruh masyarakat di sultra, segenap komponen masyarakat, atas nama rekan-rekan Forkopimda mengucapkan apresiasi selamat kepada Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur. Semoga Bapak berdua bersama keluarga senantiasa sehat dilindungi oleh Allah SWT,” Doa PJ Gubernur Sultra. (Tribunbuton.com/adm)