GUBERNUR SULTRA RESMIKAN RUMAH SAKIT JANTUNG PEMBULUH DARAH DAN OTAK

1257

KENDARI, TRIBUNBUTON.COM – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi SH, meresmikan pengoperasian Rumah Sakit Jantung Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yi Koo. Di Kota Kendari Sultra, Sabtu 2 September 2023.

Kegiatan itu merupakan bagian dari pelaksanaan Ekspose lima tahun kepemimpinan H Ali Maxi – H Lukman Abunawas sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra.

Gubernur Sultra, H Ali Mazi, dalam sambutannya mengatakan kehadiran rumah sakit jantung pembuluh darah dan otak Oputa Yi Koo dipandang sebagai solusi tepat dalam penanganan kasus jantung pembuluh darah dan otak bagi masyarakat. Serta dapat memberi harapan baru untuk mengurangi angka kematian pasien penyakit jantung, pembuluh darah dan otak.

Pemprov Sultra dibawah kepemimpinannya bersama H Lukman Abunawas sebagai Wakil Gubernur Sultra. Ali Mazi, mengatakan telah berkomitmen untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Sultra. Dengan membangun RS Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yi Koo di Kota Kendari.

Bangunan 17 lantai dengan luas lahan eksisting kurang lebih lima hektar yang didanai dari APBD Provinsi dan dana pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Diharapkan dapat memberikan layanan dan perhatian penuh kepada pasien secara fisiologis dan psikologis.

Serta memperkuat unit-unit layanan kesehatan yang telah ada dalam rangka memaksimalkan mufakat pencegahan dan penggalian penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes yang mungkin akan meningkat setiap tahunnya.

Direktur Rumah Sakit Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yi Koo sekaligus ketua panitia kegiatan itu, Al Ghazali, mengapresiasi pembangunan rumah sakit itu. Karena rumah sakit tersebut, bertaraf internasional dengan fasilitas berkualitas. Sehingga sangat patut untuk dijaga begitu pula memastikan pelayanan dilakukan dengan prodesional.

“Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra sudah membangun RSJPDO bersamaan dengan tiga proyek unggulanlain yakni Jalan Tol Kendari ke Kawasan Wisata Pantai Toronipa dan Perpustakaan Modern Bertaraf Internasional,” ungkap Al Ghazali.

Bangunan megah tersebut lanjut Al Ghazali, merupakan Inovasi dari karya nyata Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra saat ini. Dimana, rumah sakit itu adalah tempat pelayanan kesehatan yang dapat menurunkan atau mendeteksi penyakit jantung lebih dini. Dan mengurangi resiko kematian.

Al Ghazali, berharap kedepan agar RS Oputa Yi Koo dapat menjadi RS rujukan untuk para pasien Jantung Pembuluh Darah dan Otak di wilayah timur Indonesia.

Sebagai informasi, RS Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yi Koo dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas diantaranya yakni intalasi gawat darurat, rawat inap dan rawat jalan. Dilengkapi dengan apotek city scan X-Ray, berbagai polis seperti Poli Jantung Anak, Poli Jantung Dewasa, Poli Bedah dan juga ada cat lab ini merupakan layanan Katerisasi Jantung.

Kemudian untuk operasi dilengkapi dengan teknologi Mikroskopik Picture adalah teknologi yang sangat jarang ditemukan dan dilakukan di Indonesia. (Tribunbuton.com/adm)