DIAKHIR MASA JABATANNYA, H ALI MAZI RESMIKAN GEDUNG PERPUSTAKAAN MODERN

278

KENDARI, TRIBUNBUTON.COM – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi memiliki Gedung Layanan Perpustakaan Modern. Bangunan dengan anggaran bersumber dari APBD itu diresmikan Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH. Sabtu 2 September 2023.

Peresmian gedung itu bersamaan meskipun berbeda lokasi dengan dua pembangunan lainnya. Dalam rangkaian pelaksanaan Ekspose lima tahun kepemimpinan H Ali Mazi – H Lukman Abunawas, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra.

H Ali Mazi, mengatakan peradaban dan kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan tingkat kecerdasan yang dimiliki masyarakatnya. Sehingga gedung Perpustakaan sebagai tempat investasi kecerdasan jangka panjang sangat penting sebagai sarana belajar sepanjang hayat bagi masyarakat pada semua lini, strata umur, golongan maupun jenjang pendidikan.

“Salah satu faktor penting dalam wujud suatu bangsa yang cerdas adalah melalui peningkatan indkes kegemaran membaca masyarakat,” kata Gubernur Sultra.

Menurutnya, Perpustakaan bukan lembaga profit yang bisa terlihat hasilnya dalam jangka pendek. Namun Membangun Perpustakaan, manfaatnya tidak segera terlihat seperti dalam investasi keuangan tradisional. Perpustakaan memiliki dampak sosial, pendidikan, budaya dan ekonomi yang luas. Manfaat jangka panjangnya dapat melampaui biaya tersebut dan berkontribusi pada perkembangan dan kemajuan masyarakat secara keseluruhan.

“Perpustakaan masa kini adalah tempat masyarakat berkegiatan, menjadi ruang public yang dimanfaatkan bagi kepentingan pendidikan, penelitian juga rekreasi. Perpustakaan bukan lagi sekedar tempat koleksi buku disimpan dalam rak-rak yang berjajar rapi atau tempat mengelola layanan baca dan peminjaman. Tetapi saat ini telah menjadi tempat terbentuknya komunitas kelompok-kelompok yang membentuk dirinya atas kesamaan minat, bakat dan hobi,” terang Ali Mazi.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Nur Saleh, menjelaskan jika Gedung Perpustakaan Modern bertaraf Internasional itu merupakan program strategis Gubernur Sultra, H. Ali Mazi
Yang dipersembahkan untuk generasi dan masyarakat Sulawesi Tenggara.

Nur Saleh, menguraikan pembangunan gedung itu hingga diresmikan yang dimulai sejak 5 Agustus 2019. “Perpustakaan modern ini akan menjadi daya tarik masyarakat Sultra dan bahkan Indonesia,” ujar Nur Saleh. (Tribunbuton.com/adm)