OPERASI ZEBRA 2023 DIMULAI, PENGENDARA WAJIB TAHU

1895

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Sejumlah perwakilan instansi vertikal dan instansi terkait lingkup Pemkot Baubau mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Anoa. Bertempat di lapangan Apel Polres Baubau. Senin 4 September 2023.

Press release Kasi Humas Polres Baubau, AKP Abdul Rahmad, dijelaskan jika dalam apel gelar pasukan itu. Dipimpin langsung Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan Misalayuk SIK.

Dalam sambutannya, Kapolres Baubau membacakan amanat tertulis Kapolda Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Dimana, operasi zebra yang dilakukan serentak seluruh Indonesia berlangsung selama 14 hari yakni 4 – 17 September 2023.

“Operasi Zebra bertujuan untuk meningkatkan kamseltibcarlantas yang kondusif guna mewujudkan pemilu tahun 2024 yang aman dan damai,” ujar Kapolres Baubau membacakan amanat tertulis Kapolda Sultra.

Untuk mencapai tujuan dan sasaran lanjutnya. Oerasi dilaksanakan melalui pendekatan preventif dengan bentuk kegiatan sosialisasi peraturan dan tata tertib berlalu lintas. Serta penindakan pelanggaran melalui Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE). Dan penindakan secara manual terhadap pengemudi yang tidak tertib dalam berlalu lintas.

“Adapun jenis pelanggaran menjadi sasaran antara lain pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara. Pengemudi di bawah umur, sepeda motor yang berboncengan lebih dari dua orang, pengendara yang tidak menggunakan helm berstandar SNI. Tidak menggunakan safety belt, pengemudi yang berkendara dalam pengaruh alkohol, kendaraan yang melawan arus dan melebihi batas kecepatan,” Kapolres Baubau menjelaskan.

Kapolda Sultra dalam amanat tertulisnya menekankan agar pelaksanaan operasi dilaksanakan secara maksimal. Sehingga mencapai tujuan yang diharapkan serta berdampak bagi peningkatan disiplin dan pengetahuan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Saya ingatkan agar setiap personel yang terlibat senantiasa mengutamakan faktor keselamatan, dan keamanan dalam bertugas. Tentunya dengan mempedomani standar operasional prosedur yang telah ditetapkan. Dengan dibarengi peningkatan pengawasan para perwira dan pimpinan di lapangan,” pinta Kapolres Baubau.

Hadir dalam gelar pasukan itu seluruh personil Polres Baubau, Yang mewakili Walikota Baubau, Dandim 1413 Buton, Dan Subdenpom Baubau, Kadishub Kota Baubau, Kasat Pol PP Kota Baubau, Jasa Rahaja Kota Baubau, PJU Polres Baubau dan para Perwira serta Kapolsek Jajaran Polres Baubau.

Apel gelar pasukan tersebut di ikuti 1 pleton Subdenpom Baubau, 1 pleton Kodim 1413 Buton, 1 pleton gabungan staf Polres Baubau, 1 pleton Sat Samapta, 1 pleton Sat Lantas, 1 pleton Bhabinkamtibmas,1 pleton Sat Intelkam, 1 pleton gabungan Sat Reskrim dan Sat Narkoba, 1 pleton Pol PP, 1 pleton Dishub Kota Baubau. (Tribunbuton.com/adm)