KAPAL NELAYAN ASAL WAKATOBI TENGGELAM DI LAUT BANDA

803

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Empat warga Mola Raya Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami kecelakaan laut. Diperkirakan lokasi kecelakaan laut itu di sebelah Utara perairan Wakatobi yang merupakan tembusan Laut Banda. Dimana terkenal dengan cuaca ekstrim khususnya dalam rentan waktu Juni hingga September.

Press release Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Kendari, Rabu 30 Agustus 2023. Dijelaskan jika pihaknya mendapat informasi dari pihak keluarga korban jika telah terjadi kecelakaan Kapal yakni 1 buah kapal pencari ikan GT 5 dengan POB 4 orang tenggelam di perairan Utara Wakatobi.

Keempat warga Mola itu yakni Dilen (27), Adin (20), Nasar (27) dan Ari (19).

Berdasarkan informasi tersebut diatas. Rabu 30 Agustus 2023 sekitar pukul 07.00 Wita, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju LKP dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR. Jarak tempuh LKP dengan Pos SAR Wakatobi sekitar 34 NM.

Adapun kronologisnya yakni pada hari jumat 25 Agustus 2023 pukul 10.00 Wita. Kapal tersebut bertolak dari pulau 7 Ambon menuju Wanci Wakatobi. Dalam pelayarannya menuju Wakatobi, kapal tersebut mendapat cuaca buruk dan tingginya gelombang disertai angin kencang. Cuaca buruk itu terjadi keesokan harinya 26 Agustus 2023 sekitar pukul 05.00 wita.

“Dengan cuaca buruk itu mengakibatkan kapal tenggelam. Pelapor sempat berkomunikasi dengan kapten kapal (Dilen) dan sempat menyebutkan posisi para korban pada haluan 60° dari pulau Wangi-Wangi. Pencarian telah dilakukan oleh pihak keluarga dengan hasil nihil hingga informasi ini diterima,” tulis Basarnas Kendari dalam releasenya. (Tribunbuton.com/adm)