DINILAI TIDAK MAMPU JABARKAN RPJMD, BUPATI BUTUR DIMINTA EVALUASI KINERJA KEPALA OPD

531

BUTUR, TRIBUNBUTON.COM – Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumsir Lambau, menilai duet pasangan Ridwan Zakariah -Ahali (Rida) selama tiga tahun terakhir memimpin Butur kurang signifikan dan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Menurut Jumsir Lambau, Visi Misi Bupati dan Wakilmya telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). RPJMD tersebut merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah sebagai landasan dan pedoman pemerintah melaksanakan pembangan lima tahun di daerah “Lipu Tinadeakono Sara” ini, tidak dapat diimplementasikan oleh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Setelah diamati dan melihat realita pembangunan, salah satu faktor penyebab RPJMD tidak terealisasi. Karena kurangnya kemampuan kepala OPD memahami isi dan makna yang tertuang dalam dokumen perencanaan daerah,” kata Jumsir, Kamis 27 Juli 2023.

Jumsir, menduga Pimpinan OPD hanya berorientasi pada kepentingan pribadi bahkan cenderung berpikir untung atau rugi dalam mengelola Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sehingga pagu anggaran suatu instansi untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat tidak mampu dijabarkan.

“Ada oknum Plt Kadis yang kerap menyatakan diri rugi finansial ratusan juta rupiah dengan jabatannya. Bahkan di lingkaran tim pemenang pasangan RIDA selalu bilang rugi karena bisnisnya terbengkalai,” ucap Jumsir.

Dikatakannya, Bupati dan Wakilnya dalam menjalankan roda pemerintahan dibantu Kepala Dinas (Kadis) untuk mewujudkan visi misi pembangunan.

Namun dengan melihat fenomena yang ada lanjutnya, oknum Kadis selalu berorientasi bisnis. Untuk itu Bupati harus mengambil langkah evaluatif terhadap kepala OPD yang tidak mampu menjabarkan visi misi Bupati serta tugas dan fungsinya dalam rangka pemerataan pembangunan di daerah.

“Mumpung ada lelang jabatan, sudah saatnya Bupati melalukan evaluasi kinerja para kepala OPD,” pungkasnya. (Tribunbuton.com/Asm)