LIMA WARGA WAKATOBI MINTA PERTOLONGAN BASARNAS

302

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Lima orang warga Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra). Dengan menggunakan satu unit longboat mengalami kerusakan mesin di perairan pulau Kaledupa. Rabu 14 Juni 2023.

Hidayat, Plt Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Kendari dalam press releasenya, Kamis 15 Juni 2023. Mengatakan kelima warga Wakatobi itu berangkat dari pulau Wangi-Wangi menuju perairan Sombano Kaledupa untuk memanah ikan. Namun naas, longboat yang digunakan mengalami kerusakan pada mesin.

“Pada Kamis dini hari pukul 03.29 Wita, Comm Centre KPP Kendari menerima informasi dari Bpk Hasrul salah seorang POB longboat yang melaporkan telah terjadi kecelakaan kapal yakni 1 buah longboat POB 5 orang yang mengalami mati mesin disekitar perairan Kaledupa,” release Basarnas Kendari, Kamis 15 Juni 2023.

Berdasarkan laporan tersebut diatas lanjut Hidayat. Pukul 03.50 Wita, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju LKP dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR. Jarak tempuh LKP dengan Pos SAR Wakatobi sekitar 24 NM.

“Pada pukul 05.15 Wita, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi menemukan longboat tersebut sekitar 1,9 NM Arah barat daya dari LKP. Selanjutnya mengevaluasi seluruh POB longboat. Pada pukul 07.05 Wita, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi tiba di Dermaga wanci bersama 5 orang POB longboat dalam keadaan selamat selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga,” terang Plt Kepala KPP Basarnas Kendari dalam releasenya.

Adapun kronologisnya yakni Rabu 14 Juni 2023 sekitar pukul 16.00 Wita. Lima Orang korban keluar dari pelabuhan Marina Wanci menuju perairan Sombano Kaledupa untuk memanah ikan dengan menggunakan longboat. Sekitar pukul 23.00 Wita, longboat yang digunakan mengalami kerusakan pada mesin. Sehingga tidak dapat melakukan perjalanan kembali ke wanci.
Perbaikan telah dilakukan namun mesin longboat tetap tidak dapat dinyalakan sehingga diputuskan menghubungi Pos SAR Wakatobi untuk mendapatkan pertolongan.

Adapun kelima warga pulau Wangi-Wangi yang mengalami kerusakan mesin itu antara lain Asrul (36) Warga Mandati, Amirudin (42) Warga Kelurahan Wanci, Labula (51) Kelurahan Wanci, Asman (48) Warga Kelurahan Wanci, Nuhuma (48) Warga Kelurahan Wanci. (Tribunbuton.com/adm)