BERKUNJUNG DI KEMENDAGRI, PJ BUPATI BUTON LAKUKAN HAL INI

330

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Pj Bupati Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs Basiran, melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. Senin 5 Juni 2023.

Dikutip dari laman sosial media (Facebook) Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton. Dalam kunjungannya di Kantor Kementerian Dalam Negeri, PJ Bupati Buton menemui beberapa pejabat di Kementerian untuk konsultasi dan koordinasi.

Meski tidak dijabarkan secara spesifik, Drs Basiran, berkonsultasi dengan Dirjen Bina Keuda Kemendagri, DR A Fatoni MSi, terkait penganggaran Dana Hibah Pilkada 2024 nanti.

Selain itu, satu hari sesudahnya atau 6 Juni 2023. PJ Bupati Bupati Buton juga berkesempatan berdiskusi dengan Irjen Kemendagri, Komjen Pol. Drs Tomsi Tohir M.Si. terkait pemberdaan potensi perikanan dan kelautan di Buton untuk kemajuan dan kesejahteraan para Nelayan dengan memanfaatkan BUMDES yang bersumber dari APBDes. Dengan tetap berpedoman pada ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

Adapun masukan Pak Irjen Kemendagri dalam pertemuannya itu yakni memberikan arahan jika memungkinkan disetiap Desa dapat memanfaatkan Bank Daerah untuk mengajukan pinjaman guna membiayai pembuatan Kapal Penangkap ikan bagi kelompok Nelayan.

Sehingga dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan yang selama ini hanya memanfaatkan kapal kecil yang berukuran kecil/body batang. Dengan demikian APBDesa akan memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan Masyarakat Nelayan.

Pj Bupati Buton pada kesempatan itu pula menyempatkan diri menghadap Wakil Menteri Dalam Negeri RI, John Wempi Wetipo, untuk melaporkan program kegiatan yang telah dilaksanakan di Buton.

“Alhamdulillah Pak Wamendagri memberikan arahan untuk tetap bekerja dan memberikan yang terbaik untuk Buton yang lebih baik. Kaitannya dengan tugasnya sebagai PJ Bupati Buton sesuai ketentuan berlaku,” kata Pj Bupati Buton. (Tribunbuton.com/adm)