TURNAMEN CATUR MITRA PARLEMEN HUGUA CUP 1 DIIKUTI RATUSAN PESERTA

345

KENDARI, TRIBUNBUTON.COM – Ratusan warga Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya pecinta olahraga adu strategi otak mengikuti Turnamen Catur Mitra Parlemen Hugua Cup I Tahun 2023.

Turnamen yang direncanakan berlangsung selama dua hari 19 – 20 Mei 2023 itu. Dihadiri dan dibuka langsung PJ Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu. Bertempat di Cafe X-Bro Kota Kendari. Jumat 19 Mei 2023.

Plt Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sultra, Muhammad Usman, mengungkapkan Turnamen Catur Mitra Parlemen Hugua Cup 1 Tahun 2023 merupakan turnamen catur terbesar pertama di Sultra. Karena diikuti ratusan peserta.

“Turnamen Catur Mitra Parlemen Hugua Cup 1 adalah terbesar pertama sepanjang turnamen Catur di Sultra. Diikuti 268 peserta baik itu pria maupun wanita. Dan melibatkan satu wasit nasional dan satu lagi wasit internasional,” ungkap Muhammad Usman.

Dikatakan Muhammad Usman, turnamen catur mitra parlemen Hugua Cup 1 yang disponsori Anggota DPR RI asal Sultra, Ir Hugua. Untuk menjalin kerja sama pembinaan generasi muda terutama dibidang olahraga Catur. Guna mencari atlit terbaik dalam persiapan menuju kejuaraan nasional bahkan internasional.

“Selain itu, turnamen catur mitra parlemen Hugua Cup 1 ini sebagai upaya persiapan khususnya atlet muda, untuk mengikuti pertandingan skala nasional. Beberapa bulan kedepan kita akan menghadapi pra Pekan Olahraga Nasional (PON) Agustus 2023 di Kota Palu Sulawesi Tengah,” kata Plt Ketua Percasi Sultra.

Ir Hugua, selaku sponsor kegiatan dan pemerhati olahraga Catur memberi apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan dimaksud. Menurutnya, olahraga Catur membutuhkan kesabaran dan strategi layaknya panggung politik.

“Bermain catur itu menguji kesabaran dan butuh strategi serta sportivitas. Dalam pertandingan catur juga sangat relevan dengan seseorang bermain politik. Dan ketika kita berbicara soal strategi, taktik dan juga sportivitas yang ada dalam catur, maka sama halnya dengan dunia politik sesungguhnya,” ujar
mantan Bupati Wakatobi dua periode itu.

Untuk diketahui, turnamen catur mitra parlemen Hugua Cup 1 tersebut. Diikuti sejumlah atlit dari berbagai profesi. Termasuk kalangan jurnalis baik itu yang terhimpun dalam PWI maupun AJI Sultra. Serta diikuti pula pecatur master wanita asal Kolaka. Memperebutkan hadiah total Rp 50 juta dari sponsor. (Tribunbuton.com/adm)