NELAYAN ASAL BUSEL SULTRA HILANG SAAT MELAUT

58

BUSEL, TRIBUNBUTON.COM – Salah seorang nelayan di Kabupaten Buton Selatan (Busel) Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ami (35) dilaporkan hilang saat melaut. Ke Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau lebih dikenal dengan Basarnas Kendari.

La Ani, yang tercatat sebagai warga Desa Lamanegara Siompu Barat Kabupaten Buton Selatan. Dilaporkan salah seorang masyarakat Siompu Barat di Comm Center KPP Kendari. Senin 20 Maret 2023 sekitar pukul 19.57 wita.

Press release Basarnas Kendari melaporkan jika berbekal laporan tersebut. Sekitar pukul 20.15 wita, pihaknya memerintahkan tim rescue Pos SAR Baubau yang berdekatan dengan lokasi kejadian untuk diberangkatkan menuju Last Known Position (LKP) yang disinyalir berada di perairan Pulau Batu Atas Busel.

Adapun kronologi hilangnya nelayan asal Busel itu bermula saat korban (La Ami, red) berangkat melaut seperti biasanya, sejak 18 Maret 2023 sekitar pukul 04.00 wita. Pada biasanya, korban kembali ke rumah dari melaut sekitar pukul 16.00 wita.

Namun jadwal kembali dari melaut tersebut tidak terjadi. Bahkan salah seorang warga yang juga nelayan setempat dikejutkan dengan penemuan satu unit longboat tanpa manusia sedang menghanyut mengikuti arus.

“Jadi, tanggal 20 maret 2023 sekitar pukul 12.10 Wita, salah seorang nelayan menemukan longboat milik korban sekitar 30 NM dari Desa Lamagara Siompu Barat. Dimana kondisi longboat terombang ambing tanpa awak dan diatas longboat ditemukan ikan yang sudah membusuk,” press release Kantor Basarnas Kendari, Selasa 21 Maret 2023.

Pencarian telah dilakukan oleh pihak keluarga korban dan pihak terkait lainnya, namun hingga informasi ini diterima dengan hasil nihil. (Tribunbuton.com/adm)