NELAYAN DI BUTON DAPAT BANTUAN BBM BERSUBSIDI

191

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Sebanyak 538 nelayan di Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat bantuan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dari pemerintah setempat.

Dilansir dari laman sosial media Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton. BBM bersubsidi yang diperuntukan untuk 538 nelayan itu, sebanyak 41.426 liter. Dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 490.898.100.

Pembagian BBM bersubsidi berupa Solar tersebut. Dipusatkan di Desa Balimu Kecamatan Lasalimu Selatan. Dan diserahkan secara simbolis Pj Bupati Buton, Drs Basiran. Rabu 4 Januari 2023.

“Program itu dilakukan dalam rangka wujud perhatian pemerintah untuk menekan laju inflasi di Kabupaten Buton,” terang Pj Bupati Buton, disela-sela penyerahan BBM bersubsidi tersebut..

Di musim cuaca ekstrim saat ini. Pj Bupati Buton mengingatkan nelayan untuk dapat membaca cuaca atau memperhatikan peringatan BMKG saat akan turun melaut. Pasalnya, akhir-akhir ini cuaca seringkali tidak bersahabat dan membahayakan keselamatan saat melaut.

“Kalau gelombang masih tinggi urungkan dulu niatnya, utamakan keselamatan. Saya harap agar nelayan untuk selalu izin kepada istri maupun orang tua sebelum pergi melaut. Selain berkaitan dengan restu agar hasil tangkapan melimpah, hal ini juga sangat penting karena banyak kejadian nelayan hilang tidak diketahui keberadaannya karena tidak izin saat keluar mencari ikan,” ujar Drs Basiran.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buton, Rasmin Rahman SPi, mengungkapkan pemberian bantuan tersebut dalam rangka mengatasi dampak inflasi. Sebab salah satu penyebab inflasi adalah mahalnya harga ikan.

“Masyarakat mengeluh jika harga ikan di pasar mahal. Setelah kita telusuri, ternyata nelayan yang melaut sangat sedikit. Nelayan pun mengeluhkan harga Solar yang sangat mahal,” jelas Kadis Perikanan Buton.

Rasmin Rahman, mengatakan jika merunut Surat Edaran Mendagri Nomor 500 tahun 2022, dijelaskan bahwa untuk mengatasi inflasi bisa menggunakan Biaya Tak Terduga (BTT). “Sehingga kita ajukan proposal, dan Pak Bupati menyahuti maka lahirlah bantuan ini,” kata Rasman Rahman.

Usai penyerahan bantuan, Pj Bupati Buton dan rombongan meninjau Dermaga Lasalimu yang terletak di Desa Balimu. Sekaligus melihat secara langsung perkembangan pembangunan Pasar Desa Wajah Jaya Kecamatan Lasalimu Selatan. (Tribunbuton.com/adm)