WALI KOTA BAUBAU PIMPIN APEL GELAR PASUKAN OPERASI LILIN ANOA 2022

232

BAUBAU, tribunbuton.com – Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Anoa 2022 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023. Apel gelar pasukan dilaksanakan di halaman Mapolres Baubau, Kamis 22 Desember 2022.

“Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana-prasarana. Dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 mampu berjalan dengan kondusif,” kata Monianse membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Dikatakan, khusus pengamanan ibadah Natal, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi dengan melibatkan TNI Polri dan instansi terkait, libatkan juga elemen masyarakat termasuk Ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah Natal sebagai wujud toleransi beragama.

Sedangkan pada pengamanan perayaan malam tahun baru, lakukan pengetatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan assesmen bekerjasama dengan penyelenggara dan stakeholder terkait, terutama kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Hal ini guna mengantisipasi potensi kerumunan yang dapat menimbulkan korban.

Pada pengamanan objek wisata, akses jalan menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan dengan menyediakan lokasi parkir dan pengaturan jalur keluar masuk yang baik, serta imbau wisatawan agar mematuhi prokes. Khusus objek wisata alam, siagakan tim tanggap bencana guna mengantisipasi terjadinya bencana alam.

“Keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas,” katanya.

Kapolri juga berpesan agar pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 dijadikan sebagai sebuah kebanggaan. Oleh karena itu, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis dan pahami tugas maupun fungsinya masing-masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini.

Baca Juga : Kalla Toyota Siapkan Hadiah Tiga Unit Agya untuk Pembelian Periode Juli-Desember 2020
“Perlu saya garis bawahi, keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Saya yakin, dengan sinergisitas dan soliditas yang baik maka masyarakat dapat melaksanakan ibadah Natal dengan khidmat, serta merayakan tahun baru dengan penuh suka cita,” katanya. (sumber: rubriksultra)