JELANG NATAL 2022 DAN TAHUN BARU 2023, POLSEK BUNGI GELAR RAPAT LINTAS SEKTOR

198

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Polsek Bungi menggelar rapat lintas sektoral membahas persiapan pengamanan kegiatan perayaan Natal 2022 dan menyambut tahun baru 2023. Jumat 23 Desember 2022.

Rapat lintas sektoral yang dipusatkan di Polsek Bungi itu melibatkan Camat, Lurah, perwakilan tempat ibadah Gereja GPDI Karamel Liabuku, perwakilan Gereja Gepsultra Mohekana Liabuku, perwakilan tempat wisata permandian Kelapa Gading, perwakilan tempat wisata permandian Banyu Biru, Perwakilan tempat wisata permandian Littel Bali, Perwakilan tempat wisata permandian Bali Blesing.

Press release Kasi Humas Polres Baubau menjelaskan kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral tersebut membahas dan membangun kesepahaman antara pihak aparat keamanan TNI /Polri. Pihak pemerintah, pihak gereja dan pihak pengelola tempat wisata agar bersama-sama saling membantu dan menjaga pada saat melaksanakan ibadah maupun yang melaksanakan wisata.

Dalam hal melakukan pengamanan lintas agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda pada saat melaksanakan ibadah di gereja dan perayaan menyambut tahun baru 2023.

Untuk tempat ibadah sebelum kegiatan, pihak keamanan akan melakukan sterilisasi demi kenyamanan bagi yang melaksanakan ibadah dan bersama pihak pemerintah setempat dan para tokoh masyarakat, lintas agama akan melakukan pengamanan dan untuk tempat wisata permandian agar di informasikan kepada pengunjung agar menghimbau tidak membawa barang berbahaya seperti senjata tajam dan minuman keras.

Plh Kapolres Baubau AKBP Suharman Sanusi, SIK melalui Kapolsek Bungi Iptu Bustan, SH mengatakan dari rapat lintas sektoral tersebut dihasilkan beberapa kesimpulan. Antara lain bahwa untuk pengamanan Natal tempat gereja akan dilibatkan lintas agama yaitu Pacalang dan Remaja Mesjid dengan Polri / TNI.

Selanjutnya pada saat pergantian tahun baru 2023 akan di laksanakan patroli bersama dengan pemerintah setempat yaitu Camat , Kapolsek Bungi dan Danramil Bungi. Serta untuk tempat wisata akan menyiapkan Tim Medis dan bantuan keamanan dari Polsek Bungi dan Koramil Bungi begitu juga untuk tempat Ibadah akan dilakukan pemeriksaan barang-barang yang tidak pantas atau barang berbahaya dilarang masuk ke dalam Gereja.

Kapolsek Bungi juga menyampaikan saat memasuki Natal dan tahun baru maupun libur panjang, pengelola obyek wisata agar memperhatikan kenyamanan dan keselamatan para pengunjung. Selain itu selalu mengedepankan koordinasi dengan sejumlah pihak, baik dengan petugas Kepolisian, Koramil maupun sesama pengelola obyek wisata.

“Saya berharap dari kegiatan tersebut khususnya pengamanan obyek wisata yang ada di wilayah Kecamatan Bungi ini dapat dilaksanakan dengan baik. Belajar dari kejadian sebelumnya, potensi kerawanan perlu diantisipasi dan diwaspadai. Saya minta kerjasama dan dukungannya dari semua pihak,” pinta Kapolsek Bungi. (Tribunbuton.com/adm)