DISKUSI SALIWU LEBIH DEKAT BERSAMA KAPOLRES BAUBAU, AKBP SUHARMAN SANUSI: POLISI DAN MASYARAKAT BERSINERGI

271
Plh Kapolres Baubau saat diskusi SALIWU lebih dekat bersama Kapolres Baubau

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Plh Kapolres Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), AKBP Suharman Sanusi SIK, berharap Polisi dan masyarakat selalu bersinergi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah masing-masing.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri diskusi Saliwu lebih dekat bersama Kapolres Baubau. Yang diselenggarakan Forum Komunikasi Matahari Peduli Baubau Indonesia (FKMPBI). Bertempat di Aula Kantor Camat Betoambari Kota Baubau, Sabtu 17 Desember 2022.

AKBP Suharman Sanusi SIK, mengatakan di tengah-tengah masyarakat sudah ada personil Bhabinkamtibmas yang selalu siap melayani laporan atau hal-hal yang terjadi di wilayah masing-masing.

Plh Kapolres Baubau saat diskusi SALIWU lebih dekat bersama Kapolres Baubau

Tugas dan kewajiban Kepolisian lanjutnya, telah tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Dimana secara jelas tertulis disitu, maka tentunya kami akan melaksanakan tugas tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab mulai dari tingkat bawah sampai atas,” kata Plh Kapolres Baubau, sekaligus menjawab pertanyaan peserta diskusi dalam sesi tanya jawab.

Kepolisian kata Plh Kapolres Baubau, akan selalu mengakomodir keinginan berbagai pihak yang terlibat proses hukum untuk mengajukan Restorasi Justice. Dan itu sudah seringkali dilakukan tentunya sesuai dengan tingkat pidananya.

“Kami terus dan selalu menindak adanya penyakit masyarakat, perjudian, peredaran miras dan lainnya. Kami sangat tegas terhadap hal tersebut karena ini perintah langsung Presiden Republik Indonesia untuk pemberantasan Judi,”

“Apabila ada anggota saya yang terlibat perjudian ikut bermain atau sebagai beking judi, miras segera informasikan kepada saya dan saya akan langsung berikan tindakan tegas kepada anggota tersebut,” tegas mantan Kapolres Wakatobi tersebut.

Untuk kegiatan keramaian saat malam pergantian tahun 2023. Plh Kapolres Baubau mengungkapkan jika jajarannya akan memberikan rasa aman kepada masyarakat. Serta akan melakukan langkah-langkah pencegahan terjadinya kriminalitas.

Ketua Panitia, Afiludin, mengatakan tujuan kegiatan itu sebagai ajang silaturahmi dan diskusi tanya jawab sharing untuk mewujudkan keamanan di Kelurahan Katobengke dan Kelurahan Lipu Kecamatan Betoambari. Serta wilayah Kota Baubau umumnya.

“Kami perwakilan pemuda masyarakat Saliwu Lipu Katobengke memiliki keinginan besar agar pertemuan ini memberikan dampak baik bagi wilayah kami. Terjalin keakraban dalam menciptakan suasana kampung aman dan cinta damai,” harap Afiludin.

Sekretaris Camat Betoambari, Alamsyah Saafi SE, mengatakan dengan terlaksananya kegiatan itu diharapkan masyarakat Lipu Katobengke agar lebih proaktif dalam berdiskusi dan mengeluarkan semua aspirasi, pendapat saran dan kritik kepada pihak kepolisian.

Diskusi dengan tema Partisipasi Masyarakat Menuju Kampung Aman dan Cinta Damai itu dihadiri antara lain Kapolsek Murhum, Bhabinkamtibmas Kelurahan Lipu dan Katobengke, perkumpulan Forum Saliwu Bersatu, perwakilan masyarakat Saliwu Lipu Katobengke. (Tribunbuton.com/adm)