NELAYAN ASAL DONGKALA PASARWAJO DILAPORKAN HILANG SAAT MELAUT

324

KENDARI, TRIBUNBUTON.COM – La Jamaludin (55) nelayan Desa Dongkala Pasarwajo Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra). Dilaporkan hilang saat melaut sejak Rabu 23 November 2022.

Informasi tersebut disampaikan Comm Centre KPP Kendari dalam press releasenya, Kamis 23 November 2022.

Hilangnya nelayan asal Desa Dongkala Pasarwajo itu dilaporkan Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Buton, La Ode Dila. Yang ditujukan ke Comm Center KPP Kendari.

Menurut keterangan saksi sesama nelayan, La Jamaludin, nelayan yang dilaporkan hilang tersebut. Mengalami kecelakaan tersambar petir dan terjatuh dari atas longboatnya. Disekitar perairan antara Desa Koholimombono Kecamatan Wabula Buton dengan Karang Kapota Wakatobi.

Berdasarkan laporan tersebut diatas, Kamis 23 November 2022 sekitar pukul 07.30 Wita Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju LKK dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR. Jarak tempuh dari Pos SAR Wakatobi sekitar 37 NM.

Dijelaskan dalam release itu, Rabu 23 November 2022 sekitar pukul 03.00 Wita Korban keluar mencari ikan dengan menggunakan longboat disekitar perairan antara Desa Koholimombono Kecamatan Wabula Buton dengan Karang Kapota Wakatobi.

Sekitar pukul 11.00 Wita, saksi yang melihat korban dari kejauhan sedang melakukan engkol mesin longboatnya. Namun tiba-tiba turun hujan keras disertai petir yang langsung menyambar korban. Selanjutnya saksi yang berjumlah tiga orang berusaha mendekati LKK. Saat mendekati longboad, saksi tidak lagi melihat korban diatas longboatnya.

Dengan kejadian tersebut, SAR Wakatobi telah melakukan pencarian. Pencarian telah dilakukan juga oleh nelayan sekitar dan keluarga korban namun hingga informasi ini diterima belum membuahkan hasil. (Tribunbuton.com/adm)