HUGUA MENANGGAPI SOSIALISASI PENDIDIKAN PEMILIH PEMILU 2024

202
Hugua, menjadi salah satu pemateri sosialisasi pendidikan pemilih pemilu serentak 2024. FOTO Duriani

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Anggota Komisi II DPR RI, Ir Hugua, mengatakan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berperan penting dalam menelorkan figur pemimpin berkualitas.

Misalkan KPU, memiliki peran penting memberikan pemahaman kepada rakyat terkait esensi kepemimpinan. Hal itu dikatakannya saat membawakan materi pada sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilu Serentak 2024. Yang dilaksanakan KPU Wakatobi di Pulau Binongko, Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra) Rabu 19 Oktober 2022.

Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara itu mengungkapkan KPU dalam melaksanakan pendidikan pemilih. Bukan hanya meningkatkan angka partisipasi pemilih dari pemilu ke pemilu berikutnya.

“Bukan hanya mengejar angka partisipasi pemilih. Ada yang lebih dari itu, yakni jika rakyat sudah paham. Maka akan muncul pemahaman esensi memilih seorang pemimpin,” ungkap Hugua.

Dalam proses memberikan pemahaman esensi memilih seorang pemimpin lanjut Hugua. Peran Bawaslu pun harus hadir guna meminimalisir proses-proses yang bisa mencederai pemahaman rakyat dan segala bentuk praktek yang mencederai demokrasi.

“Jadi intinya, esensi memilih pemimpin harus ada pendidikan pemilih. Untuk menghindari munculnya rasa penyesalan,” tegas Hugua.

Mantan Bupati Wakatobi dua periode itu menjelaskan esensi kepemimpinan sangat luas. Diantaranya terkait keteladanan dan memberikan rasa optimis, nyaman terhadap rakyat dan lain sebagainya.

Ratusan masyarakat pulau Binongko menghadiri sosialisasi pendidikan pemilih pemilu serentak 2024. FOTO Duriani

“Bukan mencari bajak laut. Tapi pemimpin masyarakat, agama dan negara. Harus mampu menjadi teladan dan mensejahterakan masyarakatnya.
Menyatunya pemikiran, niat dan otak itulah pemimpin sejati,” pungkas Hugua. (Tribunbuton.com/adm)